Senin, 05 Mei 2014

Terung Vs Teri


Beberapa hari lalu suami membelikan sayuran kesukaan saya, salah satunya adalah terong ungu. Biasanya terong hanya akan saya potong menjadi beberapa bagian, lalu saya rendam ke dalam air garam, dan saya goreng dengan minyak yang banyak. Lalu dihidangkan dengan telur dadar goreng dan sambal terasi bikinan suami. Berhubung beberapa hari ini suami sedang kurang enak badan, dan juga menghindari menu yang pedas-pedas, maka sambal sudah menjadi menu yang jarang sekali disajikan.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencari-cari resep di internet yang kira-kira mudah dan cocok dengan lidah saya. Akhirnya saya menemukan sebuah resep di masakenaksehari.blogspot.com dengan judul sambel goreng terung teri. Hemmm melihat judulnya saja sudah membuat saya ngiler, karena ada ada teri di sana, plus melihat gambarnya yang aduhai saya semakin tidak sabar untuk segera menikmatinya.

Saya sedikit memodifikasi resep yang ada demi kepraktisan dan menambah rasa agar lebih sesuai dengan selera lidah saya. Berikut adalah resepnya:

Bahan-bahan:

  • 1 buah terung ungu potong kecil-kecil
  • 2 genggam teri 
  • 1 sendok makan dried shrimps
  • 1/2 siung bawang bombai rajang halus
  • 4 siung bawang putih rajang halus
  • 4 cabe merah besar potong kecil-kecil
  • 1 buah tomat potong kecil-kecil
  • gula dan garam secukupnya
  • kecap sesuai selera
  • minyak goreng
Cara membuat:
  1. Goreng terung hingga berwarna kecoklatan, sisihkan
  2. Goreng teri hingga matang, sisihkan
  3. Tumis bawang bombai, bawang putih, cabe merah, tomat, dan dried shrimps hingga berbau harum
  4. Tambahkan gula, dan garam
  5. Masukkan teri dan terong, aduk hingga rata
  6. Tambahkan kecap, aduk, dan biarkan hingga agak mengental
  7. Angkat dan sajikan
Saya suka sekali dengan rasa dan aroma ikan teri. Alhamdulillah saya mendapat kiriman dari teman yang baru pulang dari Indonesia berupa 1 bungkus ikan teri. Itu adalah oleh-oleh yang sangat mewah bagi saya, mengingat harga 100 gram teri di sini sekitar £2.70 an di toko Cina, mahal sekali kan. Oleh karena itu memasak dengan teri harus mempertimbangkan momen dan bahan yang tepat, jadi tidak sembarangan memasak menggunakan teri he3....

kalau untuk dried shrimps bisa dibeli juga di toko Cina, harganya lebih mahal daripada teri. Harga 100 gram nya saja mencapai lebih dari £3.00. Dried shrimps ini selain menambah aroma juga menambah rasa menjadi lebih gurih sehingga saya tidak memerluka penyedap rasa. Aroma dari dried shrimps ini tidak sekuat teri memang tapi lembut dan rasanya kuat, menurut opini saya sih.

Cara menghidangkannya cukup dengan nasi putih hangat ditambah krupuk Thailand yang saya beli di Wing Hong dengan harga £2.50. Rasa krupuknya yang gurih rasa udang serta berasa sedikit pedas merica, jadi sangat pas dengan sambal goreng terung teri ini.  

Alhamdulillah bisa sarapan pagi dengan menu kesukaan. Setelah sarapan baru bersih-bersih rumah, menyedot debu-debu di karpet dengan hoover, lalu bergumul dengan setrikaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar