Rabu, 21 Mei 2014

Tips Membuat Bakwan Praktis


Bagi saya yang nota bene adalah seseorang yang kurang menyukai masak-memasak, membuat aktifitas yang satu ini bagi saya adalah tantangan yang sangat berat. Saya kurang begitu menyukai resep yang menurut saya terlalu sulit dan membutuhkan waktu. Bahkan untuk membuat gorengan seperti bakwan pun, saya harus menguatkan niat dulu. Meskipun saya sangat suka dengan gorengan yang satu ini, namun jika tidak ada yang membantu saya memasak, maka saya lebih suka menahan keinginan saya untuk makan bakwan. Bagaimana tidak, bumbu-bumbunya harus dihaluskan atau diulek sampai lembut, belum lagi menggorengnya harus dicetak sedemikian rupa, menurut saya sangat menghabiskan waktu dan energi, belum lagi kalau menurut saya hasilnya kurang pas. Hemmm menarik nafas panjang aja deh.

Namun saya mendapatkan cara yang mudah dari teman saya, praktis sekali, dan ini ampuh buat saya karena membuat saya tidak lagi malas membuat camilan ini. Ada beberapa cara yang mudah untuk ditempuh dalam membuat bakwan dalam sekejap, juga insyaAllah sedap;

  1. Tidak perlu menggunakan cetakan, cukup adonan bakwan itu dituangkan ke dalam minyak panas sesendok demi sesendok seperti menggoreng dadar jagung, boleh pakai sendok apa saja sesuai ukuran yang diinginkan. Saya biasanya menggunakan sendok makan yang menurut saya ukurannya pas.
  2. Jika sebelumnya saya selalu menghaluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, merica, dan lain sebagainya, maka atas saran teman saya, cukup mengganti bumbu-bumbu itu dengan 1 bungkus penyedap rasa, bisa masako atau royco, jika kurang asin tinggal tambah garam saja. Untuk aroma bawang putihnya bisa diganti dengan rajangan daun bawang sebanyak yang diinginkan. Rasanya sama enaknya dengan bumbu uleg.
  3. Bumbu bakwan sebenarnya sama dengan bumbu sayur sop, maka berhubung di Indonesia banyak sekali dijual bumbu sop instan, nah itu juga bisa dimanfaatkan. Jadi tinggal mencampur terigu, sayuran, bumbu sop instan merk apapun, plus air, lalu aduk rata. Adonan siap digoreng. Terkadang saya juga menggunakan bumbu kuah bakso instan.
  4. Kalau ingin rasa bakwan yang pedas tapi nggak mau repot mengunyah cabe secara terpisah, tinggal tambahkan saja cabe rawit ke dalam adonan. Jumlah cabe rawitnya sesuaikan saja dengan tingkat rasa pedas yang diinginkan, bisa dihaluskan, atau jika ingin praktis, cabe rawit dirajang kecil-kecil saja, lalu campur dalam adonan, aduk rata. Bakwan pedas siap disantap.
  5. Ganti bumbu yang seharusnya dihaluskan dengan bumbu yang sudah halus, atau bumbu bubuk. Bawang putih bubuk, merica bubuk, mudah didapatkan di supermarket atau swalayan. Biasanya saya membuat bakwan dengan hanya bawang putih, garam, merica bubuk, dan gula putih saja, semuanya tinggal dimasukkan saja dalam adonan.
  6. Terakhir tips dari suami saya, biasanya setelah saya merebus ayam yang untuk digoreng, bekas airnya dimanfaatkan suami saya untuk mengaduk adonan bakwan, dan tidak perlu lagi ditambah bumbu lain-lain lagi, karena dalam sisa air tersebut sudah ada bumbu lengkap seperti bawang merah, bawang putih, merica, gula, garam, kunyit, dan lain sebagainya. Dan hasilnya biasanya lebih gurih selain karena bumbunya lebih lengkap, juga ada kaldu ayamnya di sana.
Nah semoga dengan tips di atas, membuat bakwan menjadi hal yang menyenangkan, bisa membuatnya kapan saja, pun saat ada tamu yang datang mendadak. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar