Kamis, 22 Mei 2014

Mengukur / Measure

#Keeping Up With The Kids


Pagi tadi tema ESOL nya adalah tentang pengukuran. Mengukur apa saja? Biasanya anak-anak sekolah mengukur hal-hal seperti di bawah ini;

  • Length: yaitu panjang suatu benda
  • Weight: yaitu mengukur berat suatu benda
  • Width: yaitu mengukur lebar benda
  • Capacity: mengukur kapasitas yang dimiliki suatu benda, biasanya berupa cairan atau liquid
  • Volume: mengukur kapasitas isi dari suatu benda, misalnya box
Area adalah istilah yang digunakan untuk luas, sedangkan perimeter adalah istilah yang digunakan untuk keliling suatu benda atau wilayah.

Satuan-satuan yang umunya digunakan untuk mengukur volume antara lain;
  • ml; millilitres
  • l; litres
  • pints
  • gallons
  • fluid ounzes
Ada tahapan-tahapan pada anak-anak untuk belajar tentang pengukuran, yaitu:
  1. Usia 2-3 tahun, misalnya dengan menghitung permen yang ada dalam sebuah gelas atau box, menghitung berapa jumlah block yang dalam suatu wadah, atau sekedar memindah-mindahkan air dari wadah yang satu ke wadah yang lainnya. Tentu hal tersebut akan sangat menarik bagi mereka, apalagi jika airnya berwarna-warni.
  2. Usia 5-6 tahun, misalnya membedakan dan membandingkan benda yang besar dan kecil, mengurukan benda atau mainan dari yang terkecil ke yang terbesar ataupun sebaliknya. Mengetahui ukuran sepatu dan bajunya, dan lain sebagainya.
  3. Usia 7-8 tahun; mulai dikenalkan dengan alat pengukur seperti penggaris, dan mencoba melakukan pengukuran pada hal-hal sederhana seperti mengukur panjang buku, panjang pensil, mengukur tinggi badannya, melihat angka pada timbangan berat badannya, dan lain sebagainya 
Alat-alat ukur antara lain:
  • Ruller; penggaris
  • Tape measure; alat yang biasanya digunakan untuk mengukur kain
Satuan ukuran dibagi 2, yaitu:
  1. Standard units of measurement, juga dibagi 2, yaitu imperials atau old school yang artinya sudah jarang lagi digunakan pada zaman sekarang misalnya feet, inches, yards, miles. Kemudian metric, yaitu km, m, cm, mm.
  2. Non standard unit of measurement, misalnya mengukur dengan menggunakan jari, pensil, lengan, pokoknya menggunakan alat ukur yang tidak resmi.
Menyenangkan sekali kegiatan yang dilakukan di tempat kursus. Kami murid-murid yang nota bene sudah ibu-ibu semua diajak bermain air dengan cara menebak volume air yang ada di aneka wadah yang telah disediakan seperti gelas, botol, kotak nasi, dan lain-lain. Setelah itu kita mengukur volume yang sebenarnya dengan cara menuang air ke dalam wadah yang hendak kita ukur, lalu menuangkan airnya ke dalam gelas ukur yang telah disediakan. Dari situlah akan terlihat volume yang sebenarnya. Saya cenderung mengestimasi lebih rendah dari volume yang sebenarnya. Misalnya kotak nasi yang saya estimasi hanya sekitar 350 ml ternyata volume aslinya 850 ml, nah jauh sekali kan. Nggak cocok memang jadi peramal he3... peramal curah hujan maksudnya.

#Ayat hari ini
Surat An-Naba ayat 26-30
26. Sebagai pembalas yang setimpal
27. Sesungguhnya dahulu mereka tidak pernah mengharapkan perhitungan
28. dan mereka benar-benar mendustakan ayat-ayat Kami
29. Dan segala sesuatu telah Kami catat dalam suatu Kitab (buku catatan amalan manusia)
30. Maka karena itu rasakanlah! Maka tidak ada yang akan Kami tambahkan kepadamu selain azab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar