Minggu, 04 Mei 2014

Skotel Macaroni dan Sayur

#Love Food, Hate Waste

Kemarin salah seorang teman mengirim makanan kepada kami berupa lasagna sayur, yang di dalamnya berisi bayam, dan jamur. Jika menyangka jika anak saya akan sangat suka sekali, saya pun senang melihat dia lahap makan sayuran yang ada di lasagna itu. Saya pun segera meminta resep teman saya itu, berharap lain kali bisa membuat lasagna yang sama dan disukai anak saya. Maklum membuat anak saya menyukai sayuran adalah misi yang tiada habisnya, anak saya tipe pilih-pilih saat makan, sayuran hanya beberapa saja yang disukainya misalnya bayam, wortel, dan jagung.

Kali ini niat membuat lasagna belum bisa tercapai karena saat memeriksa dapur, ternyata masih ada sisa mashed potato yang harus segera dimanfaatkan. Jadilah pagi ini membuat skotel saja. 

Kali ini saya tetap menggunakan pasta makaroni instan, kalau di Indonesia ada mie gelas, nah di sini ada pasta makaroni mug, yang cara membuatnya dimasukkan ke dalam mug besar, tambah air panas, aduk, dan biarkan selama 15 menit, pasta makaroni siap dinikmati, tinggal tambah saos cabe jika suka. 

Tapi saya memodifikasi sedikit agar makaroni lekas matang, yaitu sebungkus makaroni instan saya masukkan ke dalam panci, lalu saya tambahkan setengah gelas air putih, dan 1 gelas susu cair. Panaskan di atas kompor dengan api sedang, terus aduk hingga makaroni empuk dan airnya mengental. Angkat.

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus pasta makaroni 
  • 1/2 bungkus mashed potato
  • 1 butir wortel yang telah dipasrah
  • 1 genggam jagung pipil
  • garam
  • merica
  • bawang putih bubuk
  • keju parut
Cara membuat:
  1. Siapkan mashed potato yang telah siap disajikan sesuai dengan instruksi yang ada di kemasan
  2. Campurkan mashed potato, wortel, jagung pipil serta masukkan bumbu-bumbu seperti garam, merica, dan bawang putih bubuk sesuai selera, lalu aduk adonan hingga rata
  3. Letakkan adonan mashed potato tersebut ke dalam loyang, ratakan, dan tekan-tekan. Sisihkan
  4. Masak pasta makaroni sesuai instruksi dalam kemasan atau sesuai tips seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya
  5. Begitu pasta matang, segera masukkan ke dalam loyang yang telah terisis adonan mashed potato. Siramkan ke atas adonan tersebut dan ratakan hingga menutupi seluruh bagian adonan mashed potato tersebut
  6. Terakhir taburi dengan keju parut di bagian atasnya, dan ratakan
  7. Panggang dengan panas di angka 5 atau 6 selama 25 menit dan tercium aroma wangi
  8. Angkat, dan sajikan
Jika suka, bisa saja kita menambahkan irisan daun bawang agar rasa dan aroma lebih terasa Indonesia nya. Sajikan dengan saos sambal pedas in syaa Allah akan lebih nikmat. Jika mengkonsumsi menu ini, rasanya tidak perlu lagi makan nasi, karena menu ini sudah cukup mengenyangkan karena ada kentang ada makaroni di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar