Jumat, 16 Mei 2014

Hari Pertama Ranger Club Junior


Beberapa hari yang lalu saya menemukan foto ini di facebook. Ini adalah foto saat anak saya mengikuti kegiatan Ranger Club, salah satu bentuk kegiatan dari proyek Greening Wingrove. Kegiatan ini dikelola oleh relawan-relawan. Dan hari Selasa kemarin adalah hari pertama kegiatan dilaksanakan. rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan setiap hari selasa sore jam 4 sampai jam 6, dan akan berlangsung selama 6 bulan.

Kesan awal tentang kegiatan ini menurut saya kurang lebih sama dengan kegiatan outdoor yang dilakukan oleh NUSU kalau tidak salah kepanjangan dari Newcastle University Student Union, yaitu pengenalan alam kepada anak-anak, dan permainan-permainan di area terbuka. Saat ini anak saya tidak lagi mengikuti kegiatan di NUSU jadi menurut saya sangat beruntung sekali ada kegiatan semacam ini di Nunsmoor Park yang lokasinya dekat dengan rumah dan bisa dijangkau dengan berjalan kaki kurang lebih selama 10 menit.


Hari pertama ini kegiatannya adalah mengenal tanaman. Anak-anak diajari bagaimana cara menanam biji di pot dengan benar. Pertama isi pot dengan tanah yang telah disediakan, tanahnya seperti kompos teksturnya dan dalam wadah karung. Maklum di sini tidak begitu ada banyak tanah yang bisa diambil begitu saja dengan mudahnya sehingga tanah pun harus beli di toko. Setelah pot terisi tanah, buat lubang di tanah dengan menggunakan 4 jari. lalu masukkan biji ke dalam lubang tersebut. Kali ini anak saya memilih biji Coriander untuk ditanam. Kemudian tutupi biji dengan tanah lalu beri sedikit air, selesai sudah proses menanam.


Berikutnya anak diajak untuk bermain dengan clay, bentuknya seperti semen basah, dan berwarna abu-abu. Anak-anak dibebaskan untuk membuat kreasi apapun, kebanyakan anak membuat binatang seperti kupu-kupu, kumbang, lebah, capung, ulat, dan lain-lain. Mereka memadukannya dengan ranting sebagai kaki-kaki serangga, dan bunga sebagai hiasan pada sayp kupu-kupu. Senang sekali melihat hasil kreasi anak-anak, bagus-bagus sekali. Setelah dibentuk, clay ini harus dijemur agar kering dan mengeras.


Kegiatan selanjutnya adalah, anak-anak diminta mengumpulkan ranting-ranting kecil yang patah di tanah, lalu membuat rumah binatang. Mereka dibebaskan berkreasi dengan model seperti apa saja, sesuai dengan pengetahuan dan imajinasi masing-masing anak. Ada yang menata ranting-rantingnya seperti bentuk api unggun, ada juga yang membentuknya seperti rumah manusia, ada ruang tamu, ruang tengah, ruang tidur, pintu, dan jendela he3....


Sebebanrnya ada kegiatan satu lagi hari itu, berhubung anak saya sudah tidak begitu semangat, akhirnya kami memutuskan untuk pulang. Acara hari itu sangat santai, anak dibebaskan memilih kegiatan apapun yang mereka sukai sesuai dengan alat yang telah disediakan oleh relawan, dan jika anak sudah lelah, maka dibebaskan atau diperbolehkan untuk pulang terlebih dahulu. Semoga minggu depan bisa bergabung lagi.


Acara ini baru diadakan tahun ini, dan memilih waktu mendekati musim panas, karena siang hari sangat panjang sehingga saat anak puang sekolah jam 3 pun masih ada waktu bermain. Saat pulang jam 6, suasana masih sangat terang benderang, matahari masih bersinar. Dan saat sekarang ini jadwal sholat Magrib memang jatuh sekitar jam 09.07 malam. Jadi bisa dibayangkan sendiri, jam 8 malam suasananya masih seperti jam 4 sore an. Beda lagi kalau musim dingin, Magrib bisa jam 4 sore, jadi pulang sekolah rasanya ingin segera istirahat dan tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar