Rabu, 28 Mei 2014

Cara Praktis Mengganti Batrei Arloji Sendiri

Punya jam tangan baru terus ndak lama kemudian batreinya habis itu bukan sesuatu yang menyenangkan, melainkan masalah yang agak ringan, dikatakan berat juga iya sih tapi nggak sampai lah bikin galau tingkat kecamatan. Masalahnya batreinya habis saat sudah di Newcastle, kalau pas masih di Indonesia sih gampang, tinggal ke tokonya, minta digantikan batreinya, bayar, mungkin tidak terlalu mahal juga. Nah berhubung kalau mengganti batrei di sini, gosipnya lumayan mahal sih, sekitar £7 pound, jadi agak ngeri juga. Akhirnya bertahan dibiarkan saja jam tangan saya, karena belum urgent juga kebutuhannya. Melihat jam di handphone juga sudah bisa.

Tapi beberapa hari lalu kepikiran juga untuk memperbaiki jam tangan, karena sayang jika lama dibiarkan, jam tangan bisa berkarat. Akhirnya suatu hari ke city, rencana mampir ke tempat arloji. Sebelum ke sana, saya, suami, dan anak saya mampir dulu ke ASDA George, di sana saya melihat jam tangan dengan tampilan yang bagus harganya £10, jadi mikir lagi, antara tetap mau mengganti batrei atau ganti jam tangan dengan yang baru sekalian?


Setelah lama berfikir, akhirnya saya memutuskan untuk tidak membeli jam baru. Saya teringat dengan tayangan di You Tube tentang bagaimana mengganti batrei jam tangan sendiri, dengan alat yang sebenarnya tidak mahal, dan sebuah batrei jam yang baru. Karena penasaran, akhirnya saya mencoba untuk mencari alat tersebut di Poundland.

Alhamdulillah akhirnya nemu juga alat yang saya cari-cari. Bentuk alatnya seperti pulpen namun ujung matanya bisa diganti dengan mata obeng dengan bermacam-macam model. Nama alatnya adalah precision screwdrivers, dan harganya tentu saja hanya £1, namanya juga di Poundland. Selain itu batrei jam tangannya juga ada di sana, bahkan segambreng aneka batrei mungil-mungil itu pun harganya hanya £1 saja.


Sesampainya di rumah, langsung saya praktekan tayangan yang ada di You Tube tersebut. Yang pertama dilakukan adalah membuka bagian belakang jam tangan dengan menggunakan screw, pilih kepala screw yang paling kecil agar pas untuk mencungkilnya. Agak dibutuhkan tenaga ekstra untuk melakukan pencungkilan ini, dan harus hati-hati agar mata screw nya tidak nyasar dan melukai ke jari kita. Ada kemungkinan muncul baret-baret akibat usaha mencungkil-cungkil penutup batrei itu, tapi bagi saya sih tidak masalah, toh tidak ketahuan juga dari bagian depan.

Setelah berhasil membukanya, sekarang tindakan yang harus lebih hati-hati lagi. Amati sebentar, di dalamnya pasti akan terlihat bagian berwarna putih yang terbuat dari plastik yang membingkai segala perabotan jam tangan. Lepaskan dengan hati-hati agar tidak menggoyang posisi mesin jamnya. Setelah bingkai plastik itu terlepas, lalu ambil batrei jam dengan hati-hati pula agar tidak menyenggol kumparan kecil di sebelahnya. Kenapa semua harus serba hati-hati? Karena jika tersenggol sedikit saja bagian dari jam tangan yang sensitif, bisa sia-sia usaha mengganti batrei nya karena bisa jadi kita malah merusak bagian lain dari jam tangan tersebut. Sayang kan?

Setelah berhasil melepas batreinya, segera ganti dengan batrei yang baru, ingat jangan sampai terbalik ya memasang batreinya. Kemudian pasang kembali bingkai plastik, perhatikan posisinya agar tidak terbalik juga, lalu kembali tutup dengan agak sedikit menekan bagian belakang arloji tersebut, pastikan ada bunyi klik untuk memastikan penutup itu benar-benar rapat dan pas.

Nah lumayan praktis bukan? Hanya bermodal £2 pound saja, masalah batrei pada arloji sudah terselesaikan he3.... Semoga tips ini bermanfaat.


# Surat An-Nazi'at (Malaikat-malaikat yang mencabut) ayat 1-5

  1. Demi (malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan keras.
  2. Demi (malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan lemah lembut.
  3. Demi (malaikat) yang turun dari langit dengan cepat.
  4. dan (malaikat) yang mendahului dengan kencang.
  5. dan (malaikat) yang mengatur urusan (dunia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar