Jumat, 16 Mei 2014

Olahan Soun Pandan Kukus


Sebenarnya saya tidak sengaja membuat camilan yang satu ini, berhubung di rumah ada soun yang tidak jadi saya gunakan sebagai pendamping soto ayam maka saya mencoba mencari-cari resep yang mengandung soun ataupun bihun. Banyak sekali resep yang saya temukan, rata-rata bihun goreng. Akhir-akhir ini saya sedang ingin menikmati camilan yang manis-manis dan tidak mengandung minyak. Alhamdulillah akhirnya nemu resep soun yang diolah dengan cara dikukus, sayangnya saya lupa apa nama sebenarnya olahan soun kukus yang satu ini. Selain itu, berhubung saya modifikasi sendiri resepnya, maka saya putuskan untuk menamai sendiri resep ini.

Cara membuatnya sangat mudah dan bahan-bahannya sederhana dan mudah didapatkan. Bahan-bahan yang diperlukan untuk resep ini antara lain:

  • 4 bungkus kecil soun
  • 1,5 cup susu cair
  • 1 cup gula pasir atau sesuai tingkat rasa manis yang diinginkan
  • 1 sendok teh essence pandan
  • 2 sendok makan tepung jagung
  • 1 cup jagung pipil
  • daun pisang atau plastik untuk membungkus adonan
Cara pembuatan:
  1. Rendam soun dalam air panas selama kurang lebih 10 menit atau sampai soun empuk. Tiriskan dan sisihkan.
  2. Rebus susu, tepung jagung, jagung pipil gula, dan essence pandan, aduk rata hingga mendidih dan agak mengental. Angkat.
  3. Campurkan soun dengan larutan susu tersebut, aduk rata, sambil potong kecil-kecil soun menggunakan alat pengaduk hingga membentuk adonan.
  4. Bungkus adonan menjadi bagian kecil-kecil seperti kue nagasari atau sesuai selera menggunakan daun pisang, atau jika tidak ada bisa menggunakan plastik.
  5. Kukus adonan selama 15 menit.
Soun bisa kita dapatkan di toko-toko Cina, namun saya beli di salah seorang teman saya yang berjualan aneka macam dagangan ala-ala Indonesia, alhamdulillah rumahnya juga dekat, masih 1 blok. Jadi saya tidak terlalu kesulitan kalau sedang kangen dengan sesuatu yang berbau Indonesia. Daun pisang sebenarnya bisa juga dibeli di toko Cina tapi karena menurut saya masih bisa diakali dengan cara lain yang lebih praktis dan murah maka saya tidak memerlukannya. Kalau jagung pipil bisa ditemukan di toko swalayan mana saja, saya biasanya beli yang beku harganya 1 kg berkisar £1.00, ada juga yang kalengan dan biasanya rasanya lebih manis daripada jagung pipil beku, harga tentu saja ada sedikit perbedaan, agak lebih mahal sedikit.

Rasa makanan ini manis dan lembut, jagung manis semakin membuat rasa makanan ini terasa manis dan segar. Susu cair bisa diganti dengan menggunakan santan, sedangkan untuk bahan pendampingnya selain menggunakan jagung pipil juga bisa menggunakan buah nangka yang dipotong kecil-kecil. Selamat mencoba, bisa juga buat usaha lho. Saya membayangkan kalau kue ini diberi pewarna makanan warna merah, dan menambah sedikit vanili, hemmmm pasti tampilan, dan aromanya akan terasa lebih segar dan menggoda untuk disantap. Saya kira kalau dibungkus menggunakan plastik akan lebih menarik karena keindahan makanan lebih terekspos daripada kalau dibungkus dengan pisang. Pastikan plastik yang digunakan aman bagi kesehatan. Emmm...kalau dicetak dalam cetakan kue apem, mungkin lebih cantik lagi ya....tinggal bungkus pakai plastik kalau kue sudah dingin. Jadi tidak sabar untuk berkreasi lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar