Sabtu, 17 Mei 2014

Proyek Liburan Sekolah: Ensiklopedia Binatang Malam


Liburan tengah term bulan lalu, Ara mendapatkan PR dari sekolah untuk mempelajari tentang Nocturnal Animals. Sebenarnya bukan PR yang harus dikerjakan, hanya diminta mencari informasi sebanyak-banyaknya tanpa perlu harus ditulis dan sebagainya. Bukan PR juga berarti ya he3.... karena nanti saat kembali masuk sekolah, tema belajarnya adalah tentang binatang-binatang malam itu, jadi harapannya anak lebih siap dan bisa berdiskusi. Agar diskusi antara guru dengan murid bisa berjalan dengan baik, tentu saja kedua belah pihak harus berbekal informasi dong, kalau cuma gurunya saja yang punya informasi, itu namanya bukan diskusi melainkan tranfer energi he3....

Saya dan Ara berdiskusi kira-kira mau mencari informasi tentang apa nih. Agar lebih seru, akhirnya saya punya ide mengajak Ara untuk membuat proyek, yaitu jurnal tentang binatang malam. Idenya sih seperti membuat ensiklopedia sederhana ala anak-anak. Sumber informasinya kami mencarinya melalui internet, dan mengunjungi museum, yaitu Discovery Museum yang juga lumayan dekat rumah.

Pertama yang kami lakukan adalah mencari tahu binatang-binatang apa saja yang termasuk dalam nocturnal animal, lalu memilih kira-kira binatang apa yang akan kita masukkan dalam proyek. Kali ini Ara memilih Moth, Owl, Bat, Wolf, dan Snail. Lalu kita bikin bentuk binatang-binatang tersebut dengan menggunakan kain flanel. Setelah itu kita tempel dalam selembar kertas, dan kita tuliskan keterangan-keterangan yang terkait dengan binatang tersebut di bagian bawahnya. Seperti inilah hasilnya.






Meskipun hasil proyek ini tidak dikumpulkan ke sekolah, namun paling tidak Ara sudah mau belajar banyak tentang tema tersebut, selain itu ada hasil yang bisa dia simpan dan kembali dia pelajari jika suatu saat nanti dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar