Jumat, 02 Mei 2014

Istilah-istilah Pendidikan di UK


Banyak istilah-istilah terkait pendidikan di sini yang membuat saya bingung, seperti key stage, pupils, reception, dan lain sebagainya. Karena kurang mengerti inilah yang kadang membuat saya sering salah paham jika mendapatkan informasi. Alhamdulillah saat saya mengikuti kelas Keeping Up With The Kids, ada tema tentang ini. Saya akan menuliskan hasil dari kelas tersebut yang membahas istilah-istilah pendidikan di UK. Semoga bermanfaat bagi pembaca.
  1. Sure start: adalah semacam day care untuk anak-anak pra-sekolah. Programnya diperuntukkan untuk anak beserta orang tuanya atau pengasuhnya. Biasanya gratis, dan disediakan oleh pemerintah.
  2. Early years foundation stage: adalah pendidikan yang di dalamnya terdiri dari nursery dan reception.
  3. Nursery school: pendidikan sekolah paling awal yang diperuntukkan untuk anak-anak usia 3 hingga 4 tahun. Mungkin semacam play group kalau di Indonesia.
  4. Reception: jenjang pendidikan yang diperuntukkan untuk anak usia 4-5 tahun, kalau di Indonesia mungkin dikenal dengan istilah TK B. Jadi di sini tidak ada TK A, dari nursery langsung naik ke jenjang reception.
  5. Primary school: adalah jenjang pendidikan untuk anak-anak usia 5 hingga 11 tahun. Di negara kita dikenal dengan sekolah dasar. Kelas 1 disebut dengan year 1, kelas 2 disebut dengan year 2, begitu seterusnya.
  6. Key Stage: adalah jenjang-jenjang yang terdapat pada pendidikan sekolah dasar (primary school) hingga SMA (secondary school). Key stage 1 terdiri dari year 1 dan year 2. Key stage 2 terdiri dari year 3 hingga year 6. Key stage 3 terdiri dari year 7 hingga year 9 (SMP). Key stage 4 terdiri dari year 10 hingga year 12 (setara dengan SMA).
  7. Secondary school: adalah jenjang untuk pendidikan SMP dan SMA, diperuntukkan untuk mereka yang berusia 12 hingga 18 tahun.
  8. Sixth form college: jenjang selanjutnya setelah anak-anak lulus dari secondary school.
  9. Parent's evening: pertemuan antara guru dan para wali murid untuk mendiskusikan perkembangan anak-anaknya. Biasanya bersifat pribadi, satu persatu antara masing-masing wali murid dengan guru dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.
  10. School open day: yaitu hari saat para orang tua diundang ke sekolah untuk melihat-lihat langsung suasana kelas, berbincang dengan guru, serta menikmati teh dan makanan ringan.
  11. OFSTED: adalah inspeksi yang dilakukan pihak pemerintah kepada masing-masing sekolah untuk meninjau kulitas sekolah tersebut.
  12. School uniform: seragam sekolah. Di UK rata-rata seragamnya sama antara sekolah yang satu dengan yang lain, yang berebda hanya jumper dan tas sekolah saja, itupun bedanya hanya di logo saja, selebihnya sama. Jadi saat anak pindah sekolah hanya perlu membeli jumper dan tas baru untuk menyesuaikan logo sekolah.
  13. Learning support: adalah guru bantu ekstra yang mendampingi guru kelas untuk membantu murid dengan kebutuhan khusus, misalnya siswa yang tidak bisa melihat, siswa yang mengalami kesulitan dalam mata pelajaran tertentu, atau siswa yang baru pemulihan dari peristiwa kecelakaan atau sakit yang lama.
  14. SEN: kepanjangan dari Special Education Needs.
  15. Headteacher: kepala sekolah.
  16. Deputy headteacher: wakil kepala sekolah.
  17. Booster: pelajaran tambahan bagi anak-anak yang mengalami kesulitan dalam mata pelajaran tertentu, biasanya diberikan pada anak di luar jam sekolah, dan gratis.
  18. School council: ketua dan wakil kelas yang ditunjuk guru untuk tiap-tiap kelas.
  19. Fruit monitor: murid yang membantu guru untuk membagikan buah kepada teman-teman sekelasnya. Biasanya ditunjuk oleh guru dan masa kerjanya kurang lebih 1 bulan.
  20. Club: adalah kegiatan ektrakurikuler yang diadakan sekolah, misalnya music club, French club, dance club, dan lain sebagainya.
  21. School dinner: makan siang, bisa dari sekolah atau membawa bekal sendiri.
  22. Pack lunch: bekal makan siang yang dibawa dari rumah.
  23. Breakfast club: kegiatan yang diadakan setiap pagi sebelum jam sekolah, biasanya jam 8.00 hingga jam 8.45. Kegiatannya biasanya diisi dengan sarapan pagi dengan sereal, jus, atau susu, telur mata sapi, lalu senam pagi bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar