Sabtu, 22 Maret 2014

Matematika Kelas 2


Sebenarnya apa sih yang dipelajari anak kelas 2 SD tentang matematika di UK? Mari kita mencari tahu. Kebetulan 3 minggu yang lalu saya menemukan buku yang berjudul Help Your Child with Numeracy karya Rosemary Russel.

Basic Numeracy

  1. Mengenal satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan
  2. Mengurai angka dari sistemnya, misalnya 805, maka 8 adalah ratusan (hundreds), 0 adalah puluhan (tens) atau tidak ada nilai puluhan, 5 adalah satuan (units)
  3. Mengenal nama-nama angka beserta urutannya, baik dari depan ke belakang maupun sebaliknya
  4. Menulis kembali angka dalam unit yang lebih kecil
  5. Garis angka
Contoh soal untuk poin no 1- 3
  1. Which tens number comes after 60? before 40?
  2. Try writing out these numbers in figure: Seventy-two?One hundred and fifty-six? Three hundred and six? Nine hundred and fourteen?
  3. What does the digit 5 in 56 represent? And the 6?
  4. Explain what number need to go into each box?
  • 83 = (....) + 3
  • 54 = 50 + (....)
Contoh soal poin 4
  1. How many tens in 230?
  2. How many hundreds in 4800?
Contoh soal poin 5
  1. Two numbers are out of order. Put them right: 11, 12, 15, 14, 13, 16
  2. Put these lengths in order, larger first: 12mm, 8mm, 22mm, 4mm, 15mm
Addition
  1. Mengetahui fakta-fakta tentang angka, melipatgandakan, dan setengahnya
  2. Mampu menggunakan strategi yang berbeda-beda
  3. Mengekpresikan soal cerita
  4. Prosedur kertas dan pensil
Contoh poin 1
Mengetahui pasangan angka yang menghasilkan bilangan 11
  • 10 + 1 = 11
  • 1 + 10 = 11
  • 2 + 9 = 11
  • 9 + 2 = 11
  • 11 - 1 = 10
  • 11 - 10 = 1
  • 11 - 2 = 9
Melipatgandakan
  • With a pair of dice, I roll double 6, what is my score?
Contoh poin 2
Misalnya soal 4 + 5 = ?
  • anak bisa menghitung dari 4 lalu dilanjutkan ke 5..6...7 dan seterusnya
  • anak bisa menghitung dari 5 lalu dilanjutkan ke 6...7...8 dan seterusnya
Contoh poin 3
  • what is the total of 7 and 11?
  • Add 7 and 11
  • What is the sum of 7 and 11?
  • 7 plus 11 make?
Contoh poin 4
  • 74 + 58 = (70 + 50) + (4 + 8) = 120 + 12 = 132
Subtraction

Menghitung pengurangan bisa menggunakan beberapa cara misalnya dengan menghitung mundur angka yang dikurangi, atau bisa menggunakan panah angka.
Soal pengurangan menggunakan kalimat bisa berupa 
  • subtract, 
  • take (away), 
  • minus, 
  • find the difference between .... and .... 
  • How many are left / left over? 
  • How many fewer is.... than....? 
  • How many more is .... than ....?
Contoh soallnya sebagai berikut:
  • I had 34 apples, and gave 17 away. How many are left?
  • What is the difference between 17 and 34?
  • What is 34 minus 17?
Fractions and decimals
  • Pecahan biasan dituliskan dengan simbol seperti 1/2, 2/3, 1/4 dan sebagainya
  • Desimal belum dikenalkan di kelas 2 ternyata, baru nanti saat kelas 4
Multiplication and divison

Perkalian
Beberapa kalimat yang digunakan untuk mengekspresikan soal perkalian ini ada bermacam-macam, yaitu:
  1. 3 lots of 4 maksudnya 4 x 3
  2. 4 times 3 maksudnya 3 x 4
  3. Multiply 3 by 4 maksudnya 3 x 4
  4. 3 groups of 4 maksudnya 4 x 3
  5. 3 times as big maksudnya ..... x 3
Pembagian
Ada 2 bentuk yang digunakan, yaitu:
  1. Sharing equally
  2. Grouping or repeated subtraction
Contoh 1

  • 8 conker are shared equally between 2 people, how many does each get? To work this out, we calculate the division 8 : 2 = 4 Each gets 4
Contoh 2
  • There are 6 apples, how many groups of 2 are there? Or how many 2s make 6? You can find this out by grouping the apples into two
Ekspresi yang digunakan dalam soal untuk operasi perkalian dan pembagian antara lain;
  1.  Halve (means divide by 2)
  2. DIvide
  3. Share
  4. Equal group of
Itulah sebagian pelajaran matematika yang dipelajari Ara di dalam kelas. Masih ada beberapa hal lain sebenarnya, diantaranya adalah cara membaca tabel sederhana, dan menghitung uang. Karena menggunakan mata uang UK maka ada 2 satuan, yaitu pound (£), dan pecahan terkecilnya adalah pence dimana £1 senilai dengan 100 pence.

Sebenarnya pelajarannya tidak terlalu sulit bagi saya, tapi beberapa hal saya merasa kesulitan membantu Ara mengerjakan PR nya karena perbedaan istilah yang digunakan, misalnya ada soal, What is the difference between 10 and 15. Maka yang ada di pikiran saya pertama kali adalah bahwa 10 bilangan genap (even number), dan 15 adalah bilangan ganjil (odd number), Ternyata bukan itu yang dimaksud, melainkan soal pengurangan, jadi 15 - 10 hasilnya adalah 5. The difference is 5. Itulah jawabannya. 


Sumber:
Russell, Rosemary; Help Your Child With Numeracy; 2007; Continuum International Publishing Group; New York

# Ayat hari ini

An Naba (6-10)

6. Bukankah Kami telah menjadikan bumi sebagai hamparan,
7. dan gunung-gunung sebagai pasak?
8. Dan Kami menciptakan kamu berpasang-pasangan
9. dan Kami menjadikan tidurmu untuk istirahat
10. dan Kami menjadikan malam sebagai pakaian

Tafsir dari surat An Naba ayat 6-10 berdasarkan Qur'an Cordoba
6. Bukankah Kami telah menjadikan Bumi itu sebagai hamparan bagi kalian?
7. Dan gunung-gunung sebagai pasak agar Bumi tidak bergerak.
8. Dan Kami jadikan kalian berpasang-pasangan, terdiri dari laki-laki dan perempuan.
9. Kami jadikan tidurmu untuk istirahat untuk badan kalian sehingga menjadi tentram dan tenang.
10. Kami jadikan malam sebagai pakaian yang kegelapannya menyelimuti kalian sebagaimana pakaian menyelimuti tubuh kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar