Jumat, 11 April 2014

"Rebellion Tofu" alias Tahu Berontak


Alhamdulillah hari ini akhrinya tercapai juga membuat tahu berontak, setelah sebelumnya melakukan uji coba dengan menggunakan tahu mentah, nah kali ini memang menggunakan tahu matang yang dibeli di sebuah toko Cina bernama Hi You. Harga untuk 1 bungkus tahu matang yang berisi 10 biji adalah £2.50 silahkan dihitung sendiri jika kurs saat ini £1.00 berkisar Rp 20.000,00. Jadi tahu goreng di sini termasuk makanan yang sangat istimewa selain ikan teri.

Saya jadi teringat masa kecil saya ketika tinggal di jalan Sepudak, Kasembon-Malang. Di desa itu banyak sekali pengusaha tahu. Di dekat rumah saya saja ada 3 orang yang membuat tahu, sering juga saya mengamati cara mbah-mbah itu membuat tahu. Kebetulan ketiga orang tetangga saya yang membuat tahu semuanya sudah mbah-mbah. Satu yang paling saya ingat namanya adalah Mbah Said, lainnya saya lupa. Dan tahu sudah menjadi camilan sehari-hari bagi kami sekeluarga. Bapak saya sangat menyukai tahu goreng, biasanya setiap sore selesai saya mandi, bapak menyuruh saya membeli tahu goreng yang matang, jaman itu biasanya beli Rp 1.000,00 sudah dapat 1 kantong kresek kecil untuk dinikmati sekeluarga.

Oiya, kami membelinya langsung di rumah pembuatnya, tidak perlu lagi menunggu mbah-mbah itu menjajakannya di pasar, lebih nyaman membeli di rumah karena sering mendapat bonus entah 1 atau 2 biji tahu goreng, selain itu tahunya masih hangat karena fresh from the wajan he3..... Ada 3 macam tahu yang dijual mbah-mbah itu, yaitu tahu mentah, tahu goreng setengah matang, dan tahu goreng matang. Kami menikmati tahu goreng matang dengan taburan garam atau sambil mengunyah cabai rawit, tahu nya masih hangat dinikmati beramai-ramai sambil ngobrol bersama, sangat menyenangkan. maklum saat itu keluarga kami tidak memiliki televisi saat itu, jadi camilan tahu goreng menjadi hiburan favorit saat bersantai sore hari sambil menunggu sholat magrib tiba.

Kembali ke tahu berontak, aneh juga ya mendengar namanya. Mungkin dinamai demikian karena tahu ini tidak menerima takdirnya sebagai tahu alias memberontak, sehingga bentuk pemberontakannya adalah berupa aneka sayur mayur di dalamnya. Begitu kiranya menurut opini pribadi saya he3... Baiklah saya akan menuliskan bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan:

  • 1 pak tahu goreng, bisa dibeli di toko Cina seperti Tsang atau Hi You
  • Wortel, potong korek api atau di pasrah
  • Bihun yang sudah direndam air panas dan ditriskan
  • Jamur kancing, dirajang kecil-kecil
  • Daun bawang
Bumbu halus:
  • Bawang merah atau bawang bombai
  • Bawang putih
  • Merica
  • Gula
  • Garam
Bahan pencelup:
  • Tepung terigu
  • Tepung maizena
  • Tepung beras
  • Garam
  • Bawang putih bubuk
  • Merica
  • Ketumbar
  • Air secukupnya
Cara membuat:
  1. Tumis bumbu halus hingga harus, lalu masukkan bahan-bahan kecuali tahu goreng, tumis hingga matang.
  2. Belah tahu goreng, isi bagian tengahnya dengan sayuran yang sudah di tumis tadi.
  3. Celupkan tahu yang sudah diisi dengan sayuran ke dalam adonan pencelup, lalu goreng ke dalam minyak yang banyak (deep fry), dengan api sedang.
  4. Jika warnanya sudah kuning keemasan, angkat dan tiriskan minyaknya menggunakan tisu makan.
  5. Hidangkan dengan saus sambal atau cabai rawit, di sini bisa menggunakan cabai Thailand yang tersedia di Hutcinson.
Ehemmmm, suasana spring yang masih agak dingin di Newcastle ini langsung terasa hangat dengan menikmati tahu berontak, dan teh manis, atau susu coklat hangat. Selamat mencoba, semoga resep ini bisa mengobati rasa kangen akan jajanan gorengan khas Indonesia.

2 komentar:

  1. cihuuuuy....sengaja mampir aaaaaaaah....

    mba devy....ajarin utak atik blog dong...wkwkwkkwkwk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuuuk...mo lwt inbox ato privat? tarifnya beda2 wkwkwk..... mo apanya dl nih yang diutak-atik? template ato apanya mbak?

      Hapus