Jumat, 25 April 2014

Percobaan Nugget Pisang Versi Pribadi


Beberapa hari yang lalu saya membaca resep pembuatan nugget pisang yang di share salah seorang teman melalui facebook. Ehm....saya langsung tertarik.....karena saya suka sekali dengan buah pisang dengan segala resep-resep yang berhubungan dengan pisang. Selama ini saya hanya mengolah pisang dengan cara yang saya tahu, misalnya pisang goreng, pisang bakar keju coklat, puding pisang, pisang arum manis, itu saja. Nah berhubunga nemu yang satu ini, jadinya langsung pingin mencoba. Apalagi kebetulan di rumah ada stok pisang yang sangat matang.

Resep aslinya sebenarnya tidak membutuhkan banyak bahan, berhubung ini percobaan, jadinya saya modifikasi sendiri bahannya.  Resep aslinya saya dapatkan dari sini nih boleh dicek langsung, MASAKANPRAKTISRUMAHAN.COM

Bahan-bahan:

  • 3 buah pisang yang sudah dilumatkan
  • 2 buah roti tawar yang telah disobek kecil-kecil
  • 1/2 gelas susu cair
  • terigu secukupnya
  • gula sesuai selera
  • keju parut sesuai selera
  • bread crumb
Cara pembuatan:
  1. Campur pisang, roti tawar, susu, gula, dan keju. Aduk rata.
  2. Tambahkan terigu secukupnya hingga adonan bisa dibentuk, pastikan adonan masih bisa lengket di tangan, sehingga bread crumb bisa menempel nantinya.
  3. Bentuk adonan dengan tangan, jika kesulitan karena lengket, bisa menggunakan sendok.
  4. Guling-gulingkan adonan yang telah dibentuk ke dalam bread crumb sampai merata.
  5. Goreng dengan minyak berlimpah, panas, dan api kecil.
  6. Setelah berwarna keemasan, angkat, dan sajikan.
Alhamdulillah hasilnya manis dan gurih karena ada gula dan keju di dalamnya. Oiya, satu lagi, hasilnya tidak terlalu berminyak, bahkan cenderung kering karena ternyata minyak tidak menempel pada adonannya saat digoreng.

Seorang teman menyarankan agar terigunya diperbanyak hingga mudah dibentuk dan tidak menempel di tangan. Hal ini jika kita ingin membentuk adonan menjadi berbagai macam bentuk binatang atau aneka karakter dengan menggunakan cetakan. Namun efek sampingnya berarti harus menggunakan kocokan telur untuk menempelkan bread crum ke adonannya. Jadi setelah adonan dicetak, digulingkan ke dalam kocokan telur, baru di gulingkan lagi ke dalam bread crumb, baru kemudian digoreng. Ehm...patut dicoba nih, yuuuk...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar