Jumat, 18 April 2014

Hadist Arbain ke-10


Dari abu Hurairah Ra, dia berkata; Rasulullah Saw. bersabda:

"Sesungguhnya Allah Swt itu baik, tidak menerima kecuali yang baik. Dan sesungguhnya Allah memerintahkan orang beriman sebagaimana Dia memerintahkan para rasul-Nya dengan firman Nya: Wahai para Rasul makanlah yang baik-baik dan beramal shalehlah. Dan Dia berfirman: wahai orang-orang yang beriman makanlah yang baik-baik dari apa yang Kami rizkikan kepada kalian. Kemudian beliau menyebutkan ada seseorang melakukan perjalanan jauh dalam keadaan kumal dan berdebu. Dia memanjatkan kedua tangannya ke langit seraya berkata: Ya Robbku, Ya Robbku, padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan kebutuhannya dipenuhi dari sesuatu yang haram, maka (jika begitu keadaanya) bagaimana doanya akan dikabulkan." 
(HR. Muslim)

Pelajaran yang dapat diambil dari hadist tersebut adalah:

  1. Bahwa Allah adalah baik dan hanya menerima yang baik-baik saja, yaitu meliputi 4 perkara; amalan yang baik, harta yang baik, ucapan yang baik, dan akidah yang baik.
  2. Bagaimana cara agar amalannya itu baik dan diterima oleh Allah Swt, salah satunya dengan cara mengkonsumsi yang halal, meliputi makanan, minuman, pakaian, dsb.
  3. Bagaimana cara membersihkan diri atau berlepas diri dari harta orang lain yang telah kita ambil tidak secara syar'i sedangkan kita tidak lagi bersilaturahmi dengan orang tersebut karena suatu alasan seperti jarak dsb. Di sini ada 3 pendapat yang muncul, yang pertama yaitu dengan menyedekahkan harta tersebut atas nama orang yang telah kita dzolimi; yang kedua adalah menyimpan harta tersebut dan menunggu hingga diambil pemiliknya atau ahli warisnya; yang ketiga adalah dengan cara memusnahkan harta tersebut. Pendapat yang paling kuat adalah pendapat yang pertama. Wallahualam.
  4. Sebab-sebab dikabulkannya doa, yaitu melakukan perjalanan jauh, kusut di dalam penampilan (tapi tidak dibuat-buat, melainkan memang demikianlah adanya), menengadahkan kedua tangan kepada Allah Swt (merupakan gambaran akidah orang muslim bahwa Allah Swt adalah di atas segala-galanya), memanggil Allah dengan nama Rabb dalam berdoa.
  5. Sebab terhalang dikabulkannya doa adalah sesuatu yang haram, baik dari segi makanan, minuman, pakaian, dan lain sebagainya.
  6. Doa merupakan inti dari peribadatan kepada Allah Swt, dan meyakini tauhid rububiyah (meyakini bahwa Allah mampu mengabulkan doa, dan maha kuasa atas segala sesuatu), tauhid uluhiyah (wajib baginya untuk berdoa dan meminta hanya kepada Allah saja dan tidak kepada yang lainnya, tauhid asma wasifat (meyakini Allah Maha Mendengar / Assami').
Ayat dalam Al-Qur'an yang terkait dengan hadist ini antara lain:
  • Surat Al Qasas ayat 77


وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ ۖ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا ۖ وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ ۖ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ
artinya:
Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. 
  • Surat Al Maidah ayat 88
وَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلَالًا طَيِّبًا ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي أَنْتُمْ بِهِ مُؤْمِنُونَ
artinya:
Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.
  • Surat Maryam ayat 3
إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُ نِدَاءً خَفِيًّا
artinya:
yaitu tatkala ia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut. 
  • Surat As Sajdah ayat 16
تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ
artinya:
Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan. 


Sumber tulisan:
  1. Qur'an, Qordoba Apps
  2. Ceramah Ustadz Zakaria Ahmad di https://www.youtube.com/watch?v=P2RI27EE6Z8
  3. Qur'an dan terjemah di http://quran.telkomuniversity.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar