Minggu, 06 April 2014

Daftar Belanja Ara


Kemarin adalah saatnya belanja mingguan, sayang sekali saya sedang tidak enak badan, jadilah yang memutuskan belanja hanya Ara dan abinya saja. padahal rencananya saya ingin mengajari Ara cara berbelanja. Sebenarnya sering mengajak Ara berbelanja, tapi tidak pernah secara langsung menunjukkan bagaimana cara belanja yang baik, benar, dan berbudi luhur (cie....serius amat). Ya sudah lah, insyaAllah semoga lain waktu bisa mengajari yang lebih serius.

Akhirnya saya memutuskan untuk mengajari Ara membuat daftar apa saja yang perlu dibelanjakan. Maka saya mengajak Ara berdiskusi kira-kira bahan makanan apa atau kebutuhan dapur apa yang mulai habis. Saya mulai menuliskan susu, buah, sayur, sementara Ara masih diam berpikir.

Setelah saya selesai menuliskan beberapa daftar, Ara masih belum memberikan ide, akhirnya saya sodorkan catatan saya beserta pulpen dengan harapan dia menambahkan sesuatu yang saya lupa. Harapan saya adalah dia menuliskan buah kesukaannya, atau yoghurt, atau mungkin susu strawberi yang memang belum saya masukkan daftar.

Akhirnya mulailah dia menuliskan sesuatu, sambil senyum-senyum menulisnya, entah apa yang dipikirkannya. Saya biarkan dia menuliskan sesuatu sementara saya berdiskusi dengan abinya, kira-kira isi kulkas apa yang habis, dan mulai menghitung-hitung dengan jari. Tak lama kemudian Ara menyodorkan kembali daftar belanjaan, dan tambahan dari Ara cuma 2 poin, yaitu mainan, dan boneka.

Saya terbelalak saat membacanya, dan dia hanya tertawa keras, sambil bilang "Itu kebutuhanku mi....". Melet deh emaknya, sambil mendengar dia terus berargumentasi bla....bla...bla......

Akhirnya saya beri dia lembar kertas yang lain untuk menuliskan semua wishes list, yaitu segala macam mainan yang dia harapkan ingin dia miliki. Ara senang sekali, meskipun saya tidak menjanjikan akan membelikannya. Segera saja dia mengambil katalog Toysrush, dan mulai memilah-milah mainan apa yang dia sukai, saya juga meminta dia mengecek harganya. Dia selalu membulatka ke bawah semua harga mainan, jadi terkesan murah, misalnya harga sebuah boneka yang dia sebutkan harganya cuma £9.00 eh ternyata saya cek harganya £9.99 nah kan. Saya coba jelaskan kalau itu artinya harganya adalah £10.00 dia menjawab, "Itu kan cuma 99 pence mi....". Melet 2 kali deh emaknya.

Dia menyodorkan catatannya ke saya, ada 10 item yang dia tulis di sana. Saya baca sambil mengangguk-angguk emmmmm, iya....gumam saya. Dia merasa senang sekali, padahal saya tidak bilang apa-apa he3.... Lalu dia segera berangkat berbelanja bersama abinya dengan hati riang gembira, meski tidak dijanjikan akan dibelikan sesuatu.

Lama saya menunggu mereka berdua berbelanja. Sesampainya di rumah, Ara berteriak kegirangan sambil menunjukkan mainan barunya. Saya agak terkejut dan mengernyitkan dahi sambil mengira-ngira kisaran harganya, lalu segera abinya menjawab "Itu tadi cuma £1.00, lha wong belinya di poundland kok". Oh....leganya, saya kira harganya sesuai dengan yang ada di wishes listnya Ara.

Ara tampak sangat senang dan gembira dengan mainan barunya. Syukur alhamdulillah dalam hati saya, karena tidak perlu yang mahal-mahal untuk membuat Ara bahagia, cukup poundland he3.... Sementara saya beres-beres belanjaan, Ara sedang asyik bermain peran dengan mainan barunya, boneka kuda poni :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar