Sabtu, 05 April 2014

Hiburan di Cuaca Sendu


Seminggu yang lalu kami jalan-jalan ke City Centre. Meskipun suasananya berkabut, kami sudah bertekad untuk menikmati hari bersama keluarga. Biasanya sih ke sana berjalan kaki, namun karena selain cuaca berkabut, suhu agak dingin, dan abinya Ara masih dalam proses pemulihan, jadi kami memutuskan untuk naik bis.

Kami kira suasana di City akan sepi, ternyata tetap ramai seperti biasanya. Di sepanjang pertokoan, banyak sekali orang-orang yang berlalu-lalang, dan juga banyak pengamen menjajakan seninya di spot-spot yang menurut mereka strategis. Ada yang bermain gitar sambil bernyanyi, bermain terompet, di sudut yang lain ada seniman pembuat patung dari pasir yang berbentuk anjing dan tulang mainannya.

Ada sekelompok anak muda dengan alat-alat musik sederhananya yang menarik perhatian kami, mereka menghimpun dana untuk sebuah lembaga amal untuk penderita kanker. Mereka sedang beraksi, segera saja kami abadikan moment menarik ini. Silahkan menikmati.



Melihat hiburan tersebut, banyak hal yang terfikir dalam diri saya, dan kekaguman-kekaguman terhadap mereka. Saya pribadi memetik banyak nilai positif di balik kegiatan ini, antara lain:

  1. Kreatifitas: alat musik yang mereka gunakan bukan alat musik yang biasa kita temui, melainkan alat musiknya berasal dari barang bekas seperti drum besar kosong, yang terlihat berwarna kuning di bagian belakang, drum kecil di barisan tengah, serta besi melengkung yang mirip wajan. Bahan-bahan tersebut mampu menghasilkan musik yang indah berkat kepiawaian mereka.
  2. Kesamaan hak dalam berpasrtisipasi: mereka terdiri dari anak-anak dan orang dewasa dengan usia yang beragam, dan mereka bekerjasama berdasarkan kemampuan mereka masing-masing.
  3. Kepercayaan diri: dengan diberikannya kesempatan pada anak-anak bekerjasama dengan anak lain yang usianya lebih dewasa dari mereka, secara tidak langsung telah menumbuhkan rasa percaya diri mereka, dan perasaan di terima oleh orang di sekitarnya.
  4. Saling menghargai: mereka yang lebih dewasa memberikan kesempatan yang sama pada mereka yang lebih muda.
  5. Empati, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar: mereka-mereka yang bergabung dalam aksi ini secara tidak langsung telah mengembangkan dan menumbuhkan rasa empati mereka terhadap suatu kelompok yang ingin mereka bantu, dalam hal ini adalah orang-orang yang menderita kanker. Meskipun dalam cuaca yang dingin, mereka terlihat semangat bermain musik untuk penggalangan dana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar