Sabtu, 26 April 2014

Sate Ayam Saus Kacang


Hari ini, saya dan abinya Ara berencana membuat sate ayam, selain karena merupakan menu favorit Ara, juga ingin mengirim menu ini sebagai hantaran ke tetangga sekaligus mengenalkan menu makanan khas yang berasal dari Indonesia. Menu ini sebenarnya tidak sulit dijumpai di Newcastle, bahkan ada mini market yang menyediakan menu ini dalam bentuk beku. Di kemasannya biasanya berjudul chicken satay atau bisa juga chicken skewer yang artinya daginga ayam tusuk.

Saya pribadi belum pernah membeli sate beku karena alasan kehalalan dagingnya karena dijual bukan di toko halal, jadi lebih aman membuat sendiri. Daging ayam halal Alhamdulillah mudah sekali di dapatkan karena Newcastle memang banyak sekali toko halal nya, dan berdekatan pula, jadi tinggal pilih mau beli di toko yang sebelah mana. Kalau tusuk satenya, biasanya saya beli di toko Cina.

Daging ayam sudah siap, tusuk sate sudah, tinggal ditusuk-tusuk, dilumuri kecap, lalu dipanggang menggunakan panggangan listrik. Menggunakan panggangan ini alasannya adalah agar daging ayam tetap empuk meski sate sudah dingin. Bisa saja menggunakan oven, namun hasilnya jadi agak keras, dan daging jadi lebih kering  menurut saya.

Yang biasanya membuat bumbu kecap untuk melumuri sate adalah abinya Ara. Racikannya kalau tidak salah kecap dicampur dengan merica, jadi agak sedikit ada pedas-pedasnya. Memanggang dengan panggangan listrik juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Alhamdulillah ada panggangan listrik peninggalan tetangga dari Irak yang kini sudah kembali ke negaranya. Membuat sate jadi lancar he3......

Setelah sate matang, nah tinggal dibikinkan sausnya. Alhamdulillah masih ada saus kacang sisa dari somay yang dihantar oleh seorang teman, jadi tidak terlalu repot membuat sausnya. Saus somay, ditambah dengan sambal pecel instan yang kami beli dari Indonesia, tambah sedikit air, aduk rata, beres deh. Tinggal disiapkan di atas piring, tambah lalapan, Alhamdulillah beres.

Ara sangat suka dengan sate, semenjak di Indonesia. Dibikinkan berapa pun pasti akan segera dihabiskan, dia makannya lahap sekali, jadi senang melihatnya. Masalahnya kalau di Indonesia tinggal naik motor, dan bilang "Pak....sate ayam 10 tusuk ndak pake lama ya Pak", kita tinggal duduk manis di atas motor, sate ayamnya mateng sendiri deh, nggak pake ribet, satenya jalan sampe ke motor pula he3......

# Ayat hari ini

Surat An Naba ayat 11-15

وَجَعَلْنَا النَّهَارَ مَعَاشًا
dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan, 

وَبَنَيْنَا فَوْقَكُمْ سَبْعًا شِدَادًا
dan Kami bina di atas kamu tujuh buah (langit) yang kokoh, 

وَجَعَلْنَا سِرَاجًا وَهَّاجًا
dan Kami jadikan pelita yang amat terang (matahari), 

وَأَنْزَلْنَا مِنَ الْمُعْصِرَاتِ مَاءً ثَجَّاجًا
dan Kami turunkan dari awan air yang banyak tercurah, 

لِنُخْرِجَ بِهِ حَبًّا وَنَبَاتًا
supaya Kami tumbuhkan dengan air itu biji-bijian dan tumbuh-tumbuhan, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar