Kamis, 20 Agustus 2015

Cara Mendapatkan Vaksin Meningitis di UK

Menunggu di Farah Chemist

Bagi siapapun yang ingin melaksanakan ibadah haji atau ingin bepergian ke sebuah negara dengan resiko meningitis tinggi, maka disarankan untuk mendapatkan vaksin ini. Sayang sekali vaksin ini berbayar, alias tidak gratisan, jadi kita perlu mengeluarkan biaya yang lumayan mahal. Tapi demi keselamatan, insyaAllah uang yang dibayarkan tidak akan sia-sia. Lantas apa dulu nih yang perlu kita lakukan untuk mendapatkan vaksin meningitis?
 
1. GP (General Practice)
Tempat pertama yang wajib dituju pertama kali adalah GP. Jika GP kita menyediakan vaksin macam ini, maka kita tinggal apply saja dan menanyakan berapa jumlah biaya yang harus kita bayar. Di GP tertentu ada yang menyediakan vaksin ini, bersertifikasi halal, dan harganya relatif lebih murah dari apotik. Oiya jangan lupa memilih vaksin yang halal terlebih dahulu, namun jika sulit di dapat, dengan sangat terpaksa mungkin tetap dapat dimanfaatkan. Atau berkonsultasi dahulu dengan seseorang yang lebih mengetahui ilmu agama lebih dalam, baru mengambil keputusan.
 
2. Apotek
Jika ternyata diketahui bahwa GP kita tidak menyediakan vaksin jenis ini, maka saatnya hunting dari apotek satu ke apotek lain. Yang perlu ditanyakan biasanya harga, halal tidaknya vaksin, yang menyuntik laki-laki atau perempuan. Saya biasanya lebih prefer jika yang menyuntik perempuan, banyak orang khususnya perempuan pun demikian. Di apotik biasanya tidak perlu membuat appointment, bisa langsung datang dan langsung vaksin. Jika kurang yakin, bisa telepon lebih dahulu farmasi yang hendak kita tuju. Jangan lupa meminta sertifikat vaksin dari apotek sebagai tanda bukti yang harus ditunjukkan pada lembaga yang membutuhkan nantinya.
 
Pada kasus saya, saya mendapatkan vaksin ini di apotek karena GP tempat saya terdaftar sebagai pasien di sana ternyata tidak menyediakan vaksin jenis ini. Kebetulan saya tinggal di Newcsatle, dan salah seorang teman menyarankan untuk pergi ke Farah Chemist di daerah Benwell. Akhirnya saya dan suami pun memutuskan pergi ke sana pada suatu siang. Setelah menanyakan informasi ini dan itu, serta meminta agar perempuan saja yang menyuntik, eh...ternyata saya dipertemukan dengan salah seorang wali murid satu kelas dengan anak saya. Wajahnya sudah sangat saya kenal, cuma kami hanya pernah satu kali mengobrol saat mengantar anak ke sekolah.
 
Alhamdulillah, kami dipertemukan dengannya di saat yang baik, pada saat yang tepat. Ternyata dia seorang ahli kesehatan, entah bidang detailnya apa. Dan ternyata namanya adalah Farah yang tak lain nama dari apotek itu sendiri, walah....ternyata temen saya ini pemilik Farah Chemist. Selama proses vaksinasi itu kami berdua sempat mengobrol kesana-kemari, termasuk soal anaknya yang satu kelas dengan Ara.
 
Selesai vaksin, kamipun bertanya-tanya tentang produk kosmetik yang dapat dipakai untuk ibadah haji. Alhamdulillah, dia sangat membantu sekali. Dia mulai menunjukkan produk-produk yang tanpa mengandung alkohol dan fragrance seperti sabun, pelembab wajah, shampoo, pasta gigi dan lain sebagainya. Namun ada juga beberapa produk yang tidak dia miliki, akhirnya dia menawari kami apakah mau menunggu beberapa hari untuk dia pesankan. MasyaAllah...kami sangat senang sekali karena merasa sangat dibantu. Mencari barang seperti itu di UK ini lumayan sulit. Jika di Indonesia, kita tinggal membeli produk paket haji, maka sudah banyak yang menyediakan, seperti merk Wardah misalnya. Hari itu kamipun pulang dengan hati lega karena sudah vaksin, mendapatakan sertifikat vaksin, dan tidak bingung lagi mencari perlengkapan kosmetik untuk haji.
 
Jika ingin info yang lebih lanjut tentang Farah Chemist maupun vaksin meningitis, boleh bertanya di kolom komentar. insyaAllah saya akan menjawab sebisa saya. Atau anda bisa juga googling melalui internet, insyaAllah sudah banyak informasi tersedia di sana. Semoga segala hal baik yang kita niatkan akan dimudahkan Allah SWT, aamiin yaa robballalamiin.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar