Kamis, 27 Maret 2014

Belajar Menulis Serrruuu....


Selain di First Step, saya juga ikut kursus ESOL entry level 3 di Angelou Centre lokasinya kebetulan juga dekat dari tempat saya tinggal . Salah satu sesi yang saya sukai adalah writing. Kenapa? Karena caranya menarik dan menurut saya sangat mudah untuk diterapkan pada murid seperti saya yang level bahasa Inggrisnya nggak tinggi-tinggi amat he3....tapi ada lah...sedikit ha3.....

Jadi caranya begini, tutornya ngasih stimulus berupa 10 kata. Nah dari 10 kata itu kita diminta menulis sebuah cerita, boleh panjang, boleh pendek, sesuai ide saja. Biasanya saya kalau diminta menulis suka kosong, ndak ada ide, kelamaan mikir. Tapi dengan dikasih pancingan seperti itu, Alhamdulillah jadi lebih bisa fokus dan lebih cepat menemukan ide cerita.

Langsung aja contohnya ya...

  1. park
  2. yellow
  3. moon
  4. old
  5. balloon
  6. tree
  7. rain
  8. door
  9. woman
  10. green
Hasil saya...

Outdoor Party
This afternoon we are going to have an outdoor party in the Nunsmoor Park. We need some balloons, green and yellow ribbons for decorating. We also will put some colourful moon and star carton shapes on the trees. I hope it isn't going to rain today, so we can enjoy the party. We invite an old woman who lives nearby to enjoy the party with us.

Oiya ada lagi contoh yang lain:
  1. candle
  2. dark
  3. vegetable
  4. moon
  5. night
  6. stars
  7. animals
  8. morning
  9. pink
  10. yellow
Tonight, I watch television. There is an advertisement about fresh vegetables and fruits, they are colourfull and bright, green, red, yellow, and even pink fruit. All look nice and healthy to eat. Suddenly, the lights are off, so I need to lights my candle. I go outside to see the moon and stars. It's make me feel peaceful. I also see a night animal. I feel sleepy, then I go to bed, so I can wake up early in the morning.

Metode ini sudah berkali-kali dilakukan, dan tentu saja kebiasaan belajar menulis seperti ini membuat saya lebih rileks saat mulai menulis. Dan lama-kelamaan saya lebih percaya diri, tidak peduli nanti grammarnya betul atau keliru yang penting menulis dulu, nanti lama-kelamaan jika sudah terbiasa menulis, akan terasa juga bagian mana yang kurang tepat, begitu saran tutornya. Just keep writing :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar