Jumat, 03 Oktober 2014

Belajar Kreatif: Membuat Kupu-kupu



Jika sebelumnya saya menjelaskan bagaimana cara membuat semut dari bekas wadah telur di link ini http://devsal.blogspot.co.uk/2014/10/belajar-kreatif-membuat-semut.html, maka kali ini saya akan menunjukkan cara bagaimana membuat kupu-kupu dari bahan yang sudah tidak lagi digunakan sehingga menjadi media belajar yang menyenangkan bagi anak-anak.

Bahan-bahan dan alat yang diperlukan:

  • kardus bekas pasta gigi
  • kertas aneka warna
  • spidol
  • gunting
  • selotip atau lem
Cara membuat:
  1. Bungkus kardus bekas pasta gigi dengan kertas warna, pilih warna yang disukai untuk bagian badannya. Jangan lupa rekatkan agar rapi.
  2. Ambil kertas warna lain untuk sayap. Lipat 2 kertas, lalu gunting membentuk sayap kupu-kupu. Dari proses ini akan didapat 2 sayap kupu-kupu.
  3. Hias sayap kupu-kupu dengan spidol baru. Lipat sedikit bagian sayap untuk mengoleskan lem kemudian tempel di bagian kiri dan kanan badan kupu-kupu.
  4. Buat bentuk memanjang seperti antena sebanyak 2, dengan menggunakan kertas warna dan gunting lalu tempel di bagian kepala kupu-kupu.
  5. Beri gambar mata, dan mulut untuk bagian wajah kupu-kupu.
  6. Si kupu-kupu sudah siap diajak bermain dan belajar :-)
Kupu-kupu ini bisa diajak bermain sambil menyanyikan lagu "Kupu-kupu Yang Lucu", sehingga untuk anak usia dini bisa mengetahui bentuk kupu-kupu. Untuk anak yang lebih besar, bisa menjadi teman untuk menjelaskan bagaimana proses metamorfosis sempurna itu terjadi. Selain itu anak-anak juga akan tertantang menghias sayap kupu-kupu seindah mungkin. Semakin banyak bahan yang digunakan, akan semakin mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak-anak. Selamat mencoba :-)



#Ayat hari ini:
Surat Al-Lail (Malam) ayat 16-21

16. yang mendustakan (kebenaran) dan berpaling (dari iman).
17. Dan akan dijauhkan darinya (neraka) orang yang paling bertakwa,
18. yang menginfakkan hartanya (di jalan Allah) untuk membersihkan (dirinya),
19. dan tidak ada seorang pun memberikan suatu nikmat padanya yang harus dibalasnya,
20. tetapi (dia memberikan itu semata-mata) karena mencari wajah Tuhannya Yang Mahatinggi.
21. Dan niscaya kelak dia akan mendapat kesenangan (yang sempurna).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar