Minggu, 12 Oktober 2014

Cara Membaca Hasil Tes Mata


Dapat hasil setelah menjalani tes mata di sebuah optik, bukannya malah lega kok malah bingung, bingung bagaimana cara membaca resepnya. Banyak angka, dan beda istilah. Akhirnya saya googling karena penasaran, dan beginilah hasilnya. 

Sph (Sphere)
Artinya menunjukkan seberapa besar mata kita mengalami rabun. Tanda minus menunjukkan bahwa seseorang menderita rabun jauh, sedangkan tanda plus menandakan seseorang itu rabun dekat. Semakin besar angkanya maka akan semakin tebal lensa kacamata yang dibutuhkan.

Cyl (Cylinder)
Disebut juga dengan astigmatism atau visual disorder alias gangguan penglihatan yang disebabkan karena bentuk kornea yang tidak biasa, jika seharusnya mata kita berbentuk bulat seperti bola ping-pong maka jika memiliki silinder berarti bentuk matanya cenderung oval. Semakin besar angka yang ditunjukkan, maka semakin oval bentuk mata seseorang sehingga gangguan yang dialami pun akan semakin besar.

Axis
Adalah arah dari astigmatism yang dihitung dalam derajat. Besaran angka tidak menunjukkan seberapa baik atau buruk penglihatan anda, sama sekali tidak ada hubungannya. Angka ini bertujuan untuk membantu petugas laboratorium menentukan posisi angle untuk memasang lensa pada frame kacamata seseorang yang bersangkutan.

Aided VA (Visual Acuity)
Menunjukkan standar penglihatan masing-masing mata. Di UK menggunakan angka standar 6, sehingga angka pembilangnya menggunakan angka 6 karena mengukurnya biasanya dalam jarak 6 meter. Sedangkan di USA menggunakan angka 20 karena menggunakan ukuran kaki, jadi maksudnya 20 kaki. Yang perlu diperhatikan adalah angka penyebutnya, jika angkanya lebih besar daripada angka pembilangnya maka penglihatan seseorang semakin buruk, begitu pula sebaliknya. Tapi saya belum paham tanda plus yang ada di sebelah angka.

Near
Menunjukkan ukuran tulisan cetak terkecil yang sanggup kita baca. Biasanya koran-koran yang beredar menggunakan ukuran N8.

Plano
Artinya netral, atau tidak ada yang perlu dikoreksi pada mata kita.


#Ayat hari ini:
Surat At-Tin (Buah Tin) ayat 6-8

6. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan; maka mereka akan mendapat pahala yang tidak ada putus-putusnya.
7. Maka apa yang menyebabkan (mereka) mendustakanmu (tentang) hari pembalasan setelah (adanya keterangan-keterangan) itu?
8. Bukankah Allah Hakim yang paling adil?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar