Rabu, 29 Oktober 2014

Kursus-an di Newcastle


Jika anda kebetulan juga salah satu anggota Persatuan Istri Student Dependent Indonesia di Newcastle (ini singkatan yang saya karang-karang sendiri), atau paling tidak calon dari anggota ini maka saya ada sedikit informasi yang bisa saya bagi dengan anda, dan semoga juga memberi manfaat yang sebanyak-banyaknya.

Informasi yang akan saya tuliskan berikut ini adalah tentang tempat-tempat kursus di daerah Fenham, yaitu daerah tempat saya tinggal di Newcastle ini. Siapa tahu sembari menemani suami berjuang meraih gelar, juga ingin meningkatkan skill, menambah ilmu pengetahuan, agar kita menjadi istri dan ibu yang cerdas bagi suami dan anak kita. Sungguh cita-cita yang mulia bukan kedengarannya? (gubrak....). Dan ampuh untuk membunuh kebosanan karena berlama-lama berdiam diri di rumah.

Sebagai pemegang tier 4 visa alias pemilik visa student dependent ini agak-agak susah mengakses tempat-tempat kursus, karena yang diutamakan diterima kursus di UK ini biasanya imigran yang ingin mencari kerja, istri yang kebetulan suaminya pemegang British Passport, atau mereka yang ingin menjadi warga negara UK. Mereka-mereka ini bisa memilih dengan sesuka hati tempat kursus yang ingin mereka ikuti.

Tapi jangan berkecil hati dulu, atau berputus asa, asal kita jeli, masih banyak kok tempat kursus yang mau menerima kita, entah itu yang gratis ataupun yang berbayar. Tinggal sesuaikan saja dengan kondisi dompet yang waktu yang kita miliki.

First Step
Letaknya di Westgate Road, dekat perempatan jalan. Gedungnya agak nyempil di pojokan, dari luar akan terlihat seperti rumah penduduk biasa, tapi jika diamati, di atasnya pintu akan terlihat tulisan First Step dengan logo tangga di sana. Masuk saja dan ngobrol langsung dengan resepsionisnya. Di sana da banyak kursus, seperti ESOL, IT atau komputer, craft, menjahit, Keeping Up With The Kids, Conversation Class, konsultasi untuk membuat CV, serta kursus untuk mereka yang ingin jadi warga negara Inggris. Untuk mendaftar, kita perlu membayar, tapi tidak terlalu mahal. Besarannya tergantung jumlah kelas yang ingin kita ikuti. Mereka juga menyediakan sertifikat. Oiya juga ada penitipan anaknya lho, jadi kalau punya anak kecil, kita masih bisa mengikuti kursus dengan tenang. Kebanyakan yang ikut kursus di sini adalah juga para student dependent.

Millin Centre
Areanya di daerah Ellesmere Road. Jenis kursusnya kurang lebih sama dengan yang ada di First Step. Di sini tidak perlu membayar untuk kelas yang ingin kita ambil, melainkan membayar deposit saja, jumlahnya tahun laluhanya £5.00 tapi saya tidak tahu untuk tahun ini. Tahun-tahun lalu kursus ini tidak menyediakan sertifikat. Tempat ini juga menyediakan tempat penitipan anak, di sini istilahnya creche.

Nunsmoor Centre
Terletak di Nunsmoor Park. Di sana banyak kursus untuk para ibu dan balita, misalnya Baby Massage, Sing and Rhyme, Little Messy, dan lain-lain yang intinya membantu meningkatkan bonding antara ibu atau carrier dengan balitanya. Namun ada juga kursus ESOL (bahasa Inggris), dan mereka juga menyediakan attendance certificate. Kursus di sini gratis dan juga menyediakan jasa penitipan anak plus parkir buggy (kereta dorong anak). 

Angelou Centre
Lokasinya di pojokan jalan Brighton Groove, gedungnya mencolok dengan tulisan besar Angelou Centre di tembok gedungnya. Di sini lebih banyak menerima imigran dan memang program mereka mengutamakan pemberdayaan perempuan imigran. Tapi masuk saja dulu, cari informasi barangkali punya kelas untuk yang selain imigran. Alhamdulillah saya bisa mengakses kursus ESOL di sini, hanya saja untuk creche kadang tersedia kadang tidak. 

UWIG (University Women International Group)
Letaknya di dekat Newcastle University. Kalau tempat kursus ini memang dikhususkan untuk para istri yang suaminya kuliah di Newcastle University. Jadi sudah menjadi hak kita untuk mengakses kursusan yang satu ini. Tapi berhubung letaknya lumayan jauh dari rumah saya, saya tidak lagi pernah ikut kursus bahasa Inggris di sana. Kursusnya gratis, dan mereka juga menyediakan sertifikat. Biasanya sepulang dari sana, saya dan teman-teman tidak langsung pulang, melainkan jalan-jalan dulu ke museum Hancock karena lokasinya agak berdekatan.

JET (Job Education and Training)
Yang satu ini terletak di Grainger Park Road. Ada berbagai macam kursus yang bisa diakses terutama bagi mereka yang ingin mencari kerja di Inggris tanpa melihat jenis visa yang kita pegang. Mereka juga menyediakan personal advisor yang membantu kita mencarikan tempat kursus yang sesuai dengan tujuan kita. Dan yang paling penting adalah gratis karena mereka semacam NGO yang tugasnya membantu para pencari kerja. Kalau tidak gratis tentu saya tidak akan mampu mengakses mereka, biaya konsultasi individu pastilah sangat mahal di sini.

Nah itulah beberapa tempat kursus yang menyediakan kursus Bahasa Inggris di wilayah Fenham. Jika ingin mengetahui informasi lebih detail tentang alamat maupun program yang mereka miliki, bisa di googling. Tempat-tempat kursus ini memiliki situs internet, kecuali Nunsmoor centre, komuniti ini tidak mempunyai web, yang ada hanya no telepon. Kita bisa telepon ke sana atau langsung saja berkunjung ke sana dan ngobrol langsung dengan resepsionis di sana.  Selamat berburu tempat kursus ya.... Semoga Allah memudahkan, amin.


#Ayat hari ini:
Surat Az-Zilzal (Keguncangan) ayat 1-5:

  1. Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat,
  2. dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung) nya,
  3. dan manusia bertanya, "Apa yang terjadi pada bumi ini?"
  4. Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya,
  5. karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang demikian itu) padanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar