Senin, 04 Agustus 2014

Putih Telur Kukus Daun Bawang


Lebaran tahun ini saya mencoba membuat aneka macam kue kering, seperti kastengel, cookies ubi, dan kacang telur. Nah...efek samping dari membuat camilan-camilan itu adalah banyaknya putih telur yang tidak terpakai. Awalnya sih mau dipakai untuk masker wajah, tapi kalau jumlahnya satu mangkuk gedhe penuh gitu, bisa untuk maskeran orang satu RW nih, nggak habis juga untuk maskeran sendiri. Satu putih telur saja bisa dipakai 1 minggu lebih.

Jadi mikir nih, kira-kira mau dibikin apa ya. Saya jadi teringat kalau anak saya suka dengan telur putih kukus yang dulu pernah saya beli di warung dekat rumah waktu saya masih tinggal di Sumbersekar. Oke deh dikukus saja, tapi kali ini saya beri tambahan bumbu, yaitu garam dan rajangan daun bawang, dikocok sebentar sampai garamnya larut, lalu tuang di wadah tahan panas dan kukus hingga matang. Setelah agak dingin, pindahkan ke piring. Potong-potong sesuai selera, sajikan dengan saus sambal pedas. Atau bisa juga digoreng dulu tanpa ataupun dengan balutan tepung. Hemmm....pasti jadi camilan yang istimewa.

Alhamdulillah tidak memerlukan waktu lama untuk menghabiskannya. Makanan ini cocok untuk camilan maupun untuk lauk-pauk.

# Ayat hari ini:
Surat Al-Buruj (Gugusan Bintang) ayat 1-5

  1. Demi langit yang mempunyai gugusan bintang,
  2. dan demi hari yang dijanjikan.
  3. Demi yang menyaksikan dan yang disaksikan.
  4. Binasalah orang-orang yang membuat parit (yaitu para pembesar Najran di Yaman),
  5. yang berapi (yang mempunyai) kayu bakar,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar