Selasa, 26 Agustus 2014

Kostum Miss Spider



Beberapa bulan yang lalu, ada peringatan buku sedunia yang memang rutin dirayakan di UK, biasanya akan banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk memperingati hari itu, misalnya diskon besar-besaran di toko-toko buku, story telling di berbagai perpustakaan, penulis memperkenalkan buku barunya dan memberikan tanda tangan, dan lain sebagianya. 

Di sekolah Ara sendiri ada kegiatan, antara lain pembagian voucher sebesar £1.00 untuk pembelian buku di toko tertentu, story telling, lounching buku oleh seorang penulis plus pemberian tanda tangan, pemberian buku cerita fiksi secara cuma-cuma pada setiap murid, dan pesta kostum dengan mengambil tema yang dipilih dari sebuah judul buku. Dan tema yang dipilih pada waktu itu adalah "James and the Giant Peach", judul buku karya Road Dahl, seorang penulis terkenal di jamannya hingga saat ini.

Ara sudah pernah membaca sekaligus menonton filmya jadi sudah tahu tokoh-tokoh utama dalam cerita itu. Nah kali ini dia ingin memakai kostum Miss Spider, teman dari James. Waduh sebenarnya saya dan abinya bingung membayangkan seperti apa kostumnya, sedangkan kalau beli tentu mahal, padahal hanya dipakai untuk sekali saja. Tahun lalu Ara kami belikan kostum helloween seharga £1.00, dan saat kami minta dia untuk memakai kostum itu lagi, dia bilang tidak cocok dengan tema ceritanya.

Abinya Ara punya ide untuk membuat sendiri bajunya, mulailah kita searching gambar-gambar di internet. Dan menemukan ide untuk menjahit baju warna hitam milik Ara dengan benang putih sehingga mirip dengan jaring laba-laba. Oke lah saya ikut saja, toh abinya sendiri yang akan menjahitnya he3.... Dan Aranya juga senyum-senyum aja tuh bahkan senang sekali karena akan memakai kostum buatan sendiri. Sssttt....sedikit bocoran ya, biasanya kalau pesta kostum, teman-teman Ara total melakukannya, mulai dari kostumnya yang biasanya bagus, dan kelihatannya beli sih, juga make up wajahnya pun total, dan anaknya ndak malu tuh didandanin aneh-aneh meski diantara mereka ada yang berangkat sekolahnya naik bis. Sementara Ara sebaliknya, dia selalu harus sesuai dengan idenya sendiri, meski kadang menurut saya dan abinya kurang bagus he3....pun dengan kostum yang satu ini.

Baju sudah beres dihias abinya dengan benang-benang, tinggal celananya. Ara mencari legging hitam yang pas dan memadukannya dengan renda yang ditemukannya di kotak jahit saya, lalu minta dijahitkan. Meskipun menurut saya warna dan bentuk rendanya kurang pas, dia memaksa agar saya tetap menjahitkannya. Padahal rendanya menurut saya itu cocok untuk renda sprei lho, bukan renda baju hi3....

Setelah selesai semua,dia dengan semangat mencoba kostum "baru" nya. Saya dan abinya Ara cuma senyum. "Yakin besok mau pakai baju itu" tanya saya. "Iya lah..., emang kenapa? Kan ini bagus, nanti ak bisa cerita kalau ini bikinan sendiri", jawabnya mantap. Yo wis lah....syukur Alhamdulillah, kostumnya murah meriah, meski sedikit nggak tega melihatnya.

Besoknya, sepulang sekolah saya tanya tentang pesta kostumnya. Dia jawab dengan gembira kalau teman-temannya penasaran dengan jaring-jaring yang ada di bajunya, diapun dipuji guru karena kostumnya itu. Sssstttt saya kasih bocoran juga ya guru sini memang mudah sekali memberi pujian ke anak, apapun keadaannya. Dan itu yang membuat anak-anak termasuk Ara merasa dihargai apapun usahanya. Alhamdulillah, khawatir kalau di sekolah dia tidak nyaman. Bahkan saat saya minta ganti baju, dia tidak mau. Rupanya dia masih menikmati memakai kostum Miss Spider nya hi3....

Oiya untuk hiasan antena yang ada di kepalanya itu buatan Ara sendiri, jadi di sekolah ceritanya baju buatan abi, celana buatan umi, dan antena bikinan sendiri, "We make it together", begitu jawabnya kalau ditanya teman ataupun gurunya.


#Ayat hari ini:
Surat Al-Ghasyiyah (Hari Kiamat) ayat 1-5

  1. Sudahkah datang kepadamu berita (tentang) hari Kiamat?
  2. Pada hari itu muka-muka menjadi terhina.
  3. Bekerja keras lagi susah payah,
  4. Masuk ke dalam api (neraka) yang panas.
  5. Diberi minum darimata air yang sangat panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar