Selasa, 05 Agustus 2014

Nasi Goreng Bungkus Dadar


Saat liburan seperti ini salah satu hal yang menyenangkan adalah bisa "mbangkongisasi" (meminjam istilah teman) alias bangun siang he3.... Beberapa hari ini kami biasa bangun sekitar jam 9 pagi. Bermalas-malas sebentar, ngobrol-ngobrol baru kemudian bergegas ke dapur dan membuat sarapan. 

Pagi ini saya menemukan ide untuk membuat nasi goreng yang digulung dengan telur dadar, agar lebih menarik dan mudah untuk dimakan, tidak perlu menggunakan piring dan sendok, langsung saja dipegang dan dimasukkan ke mulut nyam....nyam..... Cara masaknya praktis, cara makannya pun praktis.

Resep ini terinspirasi dari jajanan arem-arem. Dulu di Malang biasanya abinya Ara beli untuk bekal ke kampus karena mengenyangkan, atau bekal saat mengantar Ara berenang, jadi tidak perlu lagi menyiapkan nasi, tinggal bawa minumnya saja.


Berikut adalah bahan dan cara pembuatan nasi goreng bungkus dadar telur:

Bahan-bahan:
  • 4 butir telur dikocok (untuk dadar)
  • 1 piring nasi putih
  • sosis potong kecil-kecil
  • 1/2 bawang bombay rajang halus
  • 4 siung bawang putih rajang halus
  • gula secukupnya
  • garam secukupnya
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1/4 sendok teh terasi
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok makan saus sambal
Cara pembuatan:
  1. Buat dadar dari telur yang telah dikocok, usahakan tipis dan lebar agar mudah digulung dan tidak pecah, karena jika dadar terlalu tebal akan robek saat diisi dan digulung. Empat butir telur akan menghasilkan kurang lebih 5 dadar. Sisihkan.
  2. Panaskan wajan, beri sedikit minyak untuk menumis bawang bombai, bawang putih, dan terasi hingga harum.
  3. Masukkan sosis, aduk hingga sosis matang.
  4. Tambahkan nasi, saus tomat, dan saus sambal, lalu aduk hingga marah merahnya merata. Jika suka pedas, saus sambal bisa ditambahkan lagi.
  5. Masukkan gula, garam, dan merica, aduk lagi hingga rata. Nasi goreng telah siap.
Cara Menggulung:
  1. Siapkan dadar, ambil nasi goreng kurang lebih sebanyak 2 sendok makan. Tekan-tekan dengan sendok, bisa juga dikepal-kepal dengan tangan agar nasi sedikit padat.
  2. Setelah nasi rapi, letakkan di atas ujung dadar, lalu lipat seperti melipat amplop.
  3. Letakkan di atas piring, hidangkan. Jika ingin dibawa bepergian sebagai bekal, ada baiknya jika setelah digulung dengan dadar, digulung lagi dengan kertas aluminium agar tetap rapi.
Demikian resep sarapan pagi sederhana dari saya. Alhamdulillah anak saya menyukainya, dan langsung habis 2 gulung. Sarapan pagi serasa makan camilan karena tidak menggunakan piring dan sendok, benar-benar sarapan pagi yang seru.....selamat mencoba.


# Ayat hari ini:
Surat Al-Buruj (Gugusan Bintang) ayat 6-10

6. ketika mereka duduk di sekitarnya,
7. sedang mereka menyaksikan apa yang mereka perbuat terhadap orang-orang mukmin.
8. Dan mereka menyiksa orang-orang mukmin itu hanya karena (orang-orang mukmin itu) beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa, Maha Terpuji,
9. Yang memiliki kerajaan langit dan bumi. Dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu.
10. Sungguh, orang-orang yang mendatangkan cobaan (bencana, membunuh, menyiksa) kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan lalu mereka tidak bertobat, maka mereka akan mendapat azab Jahanam dan mereka akan mendapat azab (neraka) yang membakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar