Sabtu, 14 Juni 2014

Apa yang Membuat Hari Jumat Istimewa?


Hari ini hari Sabtu, tentu saja kemarin pasti hari Jumat kan? Bicara tentang hari Jumat, sudah lama sebenarnya mendengar bahwa hari Jumat itu adalah hari yang baik maksudnya hari yang lebih baik daripada hari-hari yang lain. Dalam Islam sebenarnya tidak ada hari yang jelek, semua hari adalah baik, dan yang paling diantaranya adalah hari Jumat. Karena itulah banyak ibadah-ibadah yang biasanya dikenal dengan sunnah hari Jumat. Sebenarnya apa yang membuat hari Jumat sangat istimewa? Pertanyaan tersebut pertama kali muncul saat mendengarkan ceramah ustad Basalamah dari channel Yufid.tv. Sebelumnya pertanyaan tersebut tidak pernah terpikir sama sekali, namun sebagai umat Islam yang mempercayai hari Jumat sebagai hari yang istimewa namun tidak mengetahui sebab musababnya membuat saya terdorong untuk mencari lebih banyak lagi informasi tentang hal ini. Berikut adalah beberapa penjelasannya.

  • Hari Jumat adalah sebaik-baik hari.
Hal ini berdasarkan hadist dari Abu Hurairah ra, dari Nabi SAW beliau bersabda;
"Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jumat, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari Kiamat kecuali pada hari Jumat"
(Hadist riwayat Muslim)
  • Hari ini mengandung kewajiban sholat Jumat.
Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa sholat Jumat adalah kewajiban bagi laki-laki muslim, dan sholat Jumat ini wajib dikerjakan secara berjamaah. Rasulullah SAW bersabda;
"Barangsiapa meninggalkan sholat Jumat tanpa ada halangan atau bahaya, maka ia ditulis menjadi orang munafik dalam sebuah catatan yang tidak akan dihapus dan tidak akan ditukar."
(Hadist riwayat Abu Dawud dan Nasa'i).
  • Terdapat waktu yang orang berdoa di dalamnya diijabahi atau dikabulkan.
Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda;
"Sesungguhnya di dalam hari Jumat ini, ada suatu waktu yang tidaklah seorang muslim menemuinya (hari Jumat) sedangkan ia dalam keadaan berdiri sholat memohon sesuatu kepada Allah, melainkan akan Allah berikan padanya."
(Muttafaq'alaihi)
  • Bersedekah di dalamnya lebih baik daripada bersedekah pada hari lainnya.
Ibnul Qayyim berkata:
"Bersedekahlah pada hari Jumat dibandingkan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti bersedekah pada bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya"
Jumat ialah hari dimana Allah Azza wa Jalla memuliakan di dalamnya para wali-wali Nya kaum mukminin di dalam surga. Dari Anas bin Malik ra, beliau berkata tentang firman Allah Azza wa Jalla.
"Dan pada sisi kami ada tambahannya."
(Surat Qaf ayat 35)
  • Jumat adalah hari Ied (perayaan) yang berulang-ulang setiap pekan.
Dari Ibnu Abbas ra berkata, Rasulullah SAW bersabda;
"Sesungguhnya hari ini adalah hari Ied yang Allah jadikan bagi kaum muslimin, barangsiapa yang mendapati hari Jumat hendaknya ia mandi....."
(HR Ibnu Majah dalam Shahih at Targhib I/298)
Dari Abu Hurairah ra. bahwa Nabi SAW bersabda;
"Wahai kaum muslimin, sesungguhnya saat ini adalah hari yang dijadikan oleh Allah sebagai hari raya untuk kalian. Karena itu mandilah dan kalian harus menggosok gigi."
(HR Tabrani dalam Mu'jam Ash-Shagir, dan dinilai shahih oleh Al-Albani)
  • Jumat adalah hari yang menghapuskan dosa-dosa.
Dari Salman, beliau berkata, Rasulullah SAW bersabda;
"Tidaklah seorang hamba mandi pada hari Jumat dan bersuci dengan sebaik-baik bersuci, lalu meminyaki rambutnya atau berparfum dengan minyak wangi, kemudian ia keluar (menunaikan sholat Jumat) dan tidak memisahkan antara dua orang (yang duduk) kemudian ia melakukan sholat apa yang diwajibkan atasnya dan ia diam ketika imam berkhutbah, melainkan segala dosanya akan diampuni antara hari Jumat ini dengan Jumat lainnya."
(HR Bukhari)

  • Orang yang berjalan untuk menunaikan sholat Jumat, pada tiap langkah kakinya ada pahala puasa dan sholat setahun.
Dari Aus bin Aus ra. beliau berkata, Rasulullah SAW bersabda;
"Barangsiapa yang mandi lalu berwudhu pada hari Jumat, lalu ia bersegera dan bergegas (untuk sholat), kemudian ia mendekat kepada imam dan diam, maka baginya pada setiap langkah kaki yang ia langkahkan (ada pahala) puasa dan sholat setahun, dan yang demikian ini adalah sesuatu yang mudah bagi Allah."
(HR Ahmad dan Ashhabus Sunnan, dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah)
  • Neraka Jahannam itu dinyalakan.
Yaitu dikobarkan apinya setiap hari dalam sepekan kecuali pada hari Jumat.
  • Meninggal pada hari Jumat atau malamnya merupakan tanda-tanda khusnul khotimah.
Dimana orang yang wafat pada hari tersebut akan aman dari siksa kubur dan dari pertanyaan dua Malaikat. Dari Ibnu 'Amr ra. beliau berkata, Rasulullah SAW bersabda;
"Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jumat atau pada malam Jumat kecuali Allah Ta'ala lindungi dari fitnah kubur."
(HR Ahmad dan Turmudzi, disahihkan oleh Al-Albani)

Sumber:
  • Fimadani.com
  • kumpulantausyiahislam.blogspot.com
  • khutbahjumat.com
Ayat hari ini:
Surat An-Nazi'at (Malaikat-malaikat yang mencabut), ayat 36 - 41

36. dan neraka diperlihatkan dengan jelas kepada setiap orang yang melihat.
37. Maka adapun orang yang melampaui batas,
38. dan lebih mengutamakan kehidupan dunia,
39. maka sungguh nerakalah tempat tinggalnya.
40. Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya,
41. maka sungguh, surgalah tempat tinggalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar