Jumat, 20 Juni 2014

Efek Buku pada Milkshake


Beberapa hari ini anak saya sangat suka sekali minum milk shake bikinan sendiri alias saya yang membuatkan untuknya, terdiri dari buah dan susu yang diblender ditambah sedikit gula. Jika disodori 1 gelas penuh, maka tidak membutuhkan waktu lama untuk menghabiskannya. Saya sangat senang dengan hal ini karena saya tidak perlu membujuk-bujuk dia lagi agar mau minum susu.

Sebelumnya anak saya juga mau minum susu namun harus dicampur dengan perasa seperti bubuk strawberi atau bubuk coklat, bisa panas ataupun dingin. Saya sangat khawatir karena rasanya sangat manis sekali meskipun sudah saya coba untuk mengurangi takarannya, namun bagi saya itu tetap saja masih kurang sehat.

Nah pada suatu malam, anak saya minta dibacakan suami saya, sebuah buku yang dipinjamnya di perpustakaan. Judul buku itu adalah Oliver's Milkshake yang mengisahkan seorang anak yang bernama Oliver. Oliver diajak berjalan-jalan ke sebuah peternakan oleh bibinya, di sana dia diajak untuk membuat milkshake dari susu sapi segar dan aneka buah-buahan. Dari cerita itu, anak saya ingin dibikinkan juga seperti yang Oliver minum keesokan harinya.

Saya sempat agak ragu membuatkannya, karena biasanya dia hanya ingin ini dan itu tapi setelah dibikinkan hanya dimakan sedikit selebihnya tanggung jawab saya dan suami untuk menghabiskannya. Namun kali ini dia agak memaksa, akhirnya saya buatkan milkshake mangga karena hanya buah itu yang saya punya pagi itu. Alhamdulillah milkshake yang saya buat langsung habis. Siangnya minta lagi, dihabiskan lagi. Dan begitu seterusnya beberapa hari ini, setiap kali dia merasa haus maka milkshake lah yang dia minta.

Hemmm, masyaAllah ternyata cerita itu sangat mempengaruhi anak saya. Anak saya memang setiap sebelum tidur selalu ingin dibacakan buku cerita. Dia memilih sendiri buku ceritanya. Yang paling sering membacakan adalah suami saya, dengan suara lembut dan penuh imajinasi, sedangkan saya kadang membacanya cepat-cepat karena saya yang sebenarnya ingin tidur cepat (huuuuuu......).

Saya akan semangat membacakannya buku jika buku yang dipilihnya tidak terlalu tebal sehingga tidak sampai 10 menit pun sudah selesai. Namun jika buku yang dipilihnya adalah chapter book, haduh saya tiba-tiba langsung merasa mengantuk berat alias sudah pusing duluan lihat tulisannya yang banyak dan kecil-kecil. Tapi jika melihat efek samping dari membacakan buku sebelum tidur bagi anak saya sungguh manjur, maka saya jadi tambah semangat untuk berpartisipasi membacakannya buku dan meminjamkannya aneka macam buku. Atau sesekali membelikannya buku di carboot atau charity shops.

Anak saya senang sekali dengan buku Oliver's Milkshake, beberapa malam ini buku ini berada di tempat tidurnya. Itu tandanya kalau dia menyukai buku itu. Ah jadi teringat saatnya untuk segera mengembalikan buku itu, di sampulnya tertanggal 5 Juli 2014.


Ayat hari ini:
Surat 'Abasa (bermuka masam) ayat 17-21

17. Celakalah manusia! Alangkah kufurnya dia!
18. Dari apakah Dia (Allah) menciptakannya?
19. Dari setetes mani, Dia menciptakannya lalu menentukannya.
20. Kemudian jalannya Dia mudahkan.
21. Kemudian Dia mematikannya lalu menguburkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar