Sabtu, 19 Juli 2014

Kacang Telur Manis

Kacangnya sudah dibungkus, sudah siap dijual nih he3....

Banyak sekali resep di internet tentang cara membuat kacang telur manis, namun menurut saya belum ada resep yang praktis atau cepat. Saya bukanlah penyuka kegiatan masak sebenarnya, namun jika kangen masakan ataupun jajanan Indonesia ya mau tidak mau harus bikin sendiri atau menunggu hantaran dari tetangga he3....

Oleh karena itulah jika ingin membuat sesuatu saya akan mencari resep yang sesederhana mungkin, bahannya tidak terlalu banyak, dan langkah pembuatannya juga tidak panjang lebar. Kelemahan saya adalah, saya agak malas jika harus menyalin resep, biasanya langsung saya save di aplikasi pocket, atau jika tidak, saya lebih suka melihat cara pembuatannya melalui youtube, dengan melihat adegan per adegan itu akan sangat membantu saya untuk mengingat bahan-bahan dan cara pembuatannya. Sayang sekali belum ada video di youtube yang menayangkan cara pembuatan kacang telur, adanya video cara membuat kacang mete barbeque. Nah dari resep itu akhirnya saya modifikasi sendiri.

Bahan:

  • Kacang tanah tanpa kulit yang telah disangrai
  • 2 butir telur
  • 3-5 sendok makan gula (sesuaikan dengan kemanisan yang diinginkan)
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 2 sendok makan tepung maizena
Cara membuat:
  1. Kocok telur, bawang putih, dan gula hingga tercampur rata dan menyatu.
  2. Masukan kacang tanah ke dalam adonan telur, aduk hingga kacang terbalut telur di semua bagian.
  3. Di wadah yang lain, campurkan tepung terigu dan tepung maizena hingga tercampur rata.
  4. Masukkan kacang yang telah terbalut adonan telur ke dalam adonan tepung.
  5. Guling-gulingkan hingga semua bagian kacang tertutup tepung.
  6. Goreng dengan api sedang hingga balutan kacang berwarna kuning keemasan.
  7. Tiriskan, dan dinginkan. Setelah benar-benar dingin baru disimpan dalam wadah kedap udara agar awet.
  8. Ehmmm.....kacang telur siap untuk disajikan.
Sebenarnya jika tidak menggunakan bawang pun tidak apa-apa, bawang hanya untuk aroma saja. Agak kurang cocok jika beraroma bawang tapi rasanya manis. Mungkin bisa diganti dengan vanili sehingga lebih pas. Jika menginginkan kacang telur dengan rasa lain misalnya rasa barbeque atau rasa pedas, tinggal kita beri saja bubuk barbeque atau bubuk cabe pada adonan tepungnya. Nah praktis kan? Selamat mencoba berkreasi.


Ayat hari ini:
Surat Al-Insyiqaq (Terbelah) ayat 11-15

11. maka dia akan berteriak, "Celakalah aku!"
12. Dan dia akan masuk ke dalam api yang mengala-nyala (neraka).
13. Sungguh, dia dahulu ( di dunia) bergembira di kalangan keluarganya (yang sama-sama kafir).
14. Sesungguhnya dia mengira bahwa dia tidak akan kembali (kepada Tuhannya).
15. Tidak demikian, sesungguhnya Tuhannya selalu melihatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar