Jumat, 04 Juli 2014

Rapot Kelas 2


Alhamdulillah kira-kira 2 minggu yang lalu rapot kelas 2 anak saya sudah dibagikan oleh pihak sekolahan. Rapotnya hanya terdiri dari selembar kertas yang penuh dengan tulisan di kedua sisinya, di masukkan ke dalam amplop coklat. Bukan rapot yang berlembar-lembar seperti apa yang saya harapkan sebelum-sebelumnya.

Ini adalah rapot kedua yang kami terima, yang pertama dulu adalah rapot kelas 1 yang sudah saya bahas di blog ini juga. Kali ini rapot yang diterima bukan dari sekolah yang sama karena saat kelas 2, anak saya berpindah ke sekolah yang lebih dekat dari rumah.

Rapotnya bersifat deskripsi, yaitu penggambaran prestasi dan kemampuan anak, namun juga disertakan nilai yang mengukur kemampuan anak berdasarkan standar nasional yang harus dicapai anak yang digambarkan dengan angka dan huruf. Ada 3 hal pokok yang dinilai, yaitu Writing (kemampuan menulis dan mengeja), Reading (kemampuan membaca, dan memahami cerita), dan Numeracy (kemampuan berhitung atau matematika) yang dituliskan di kolom sebelah kiri. Sedangkan pada kolom sebelah kanan adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan anak.

Aspek lain yang juga dinilai adalah kemampuan anak saat mengerjakan proyek. Sepemahaman saya, proyek ini adalah tugas yang sifatnya tematik. Misalnya tema minggu itu adalah tentang The Great Fire of London, maka anak-anak diminta mencari sumber sebanyak-banyaknya baik dari informasi guru saat enerangkan di kelas maupun dari browsing di internet, kemudian dituangkan dalam sebuah tulisan, atau bercerita, atau membuat hasil karya yang berkaitan dengan tema.


Pada halaman selanjutnya, terdapat tabel yang menggambarkan aspek psikologis anak, misalnya tingkat kepercayaan dirinya, hunbungannya dengan guru dan teman sebayanya, partisispasinya dalam kelas, tanggung-jawabnya dan lain sebagainya. Kolom terakhir adalah komentar guru dan komentar kepala sekolah.

Beberapa hari kemudian setelah penerimaan rapot, ada pertemuan guru dan wali murid yang disebut dengan "Parent Evening". Pertemuan ini sifatnya personal, artinya wali murid dari seorang murid bertemu dan berkonsultasi langsung dengan guru kelasnya. Waktu yang diberikan kurang lebih selama 30 menit, dan jadwalnya sudah ditentukan sebelumnya sesuai dengan kesediaan masing-masing wali murid. Creche atau penitipan anak sementara juga disediakan oleh pihak sekolah, sehingga wali murid yang membawa serta anaknya ke sekolah bisa tetap berkonsultasi dengan tenang, dan penitipan anak ini gratis.

Pihak sekolah juga menyediakan jasa penerjemah jika wali murid membutuhkannya. Di sini kebetulan mudah sekali ditemukan orang yang sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris meski sudah puluhan tahun tinggal di Inggris bahkan sudah menjadi warga negara Inggris pula. Jadi kebutuhan akan penerjemah masih sangat diperlukan. Seperti salah seorang teman kursus saya yang ternyata sudah tinggal di Newcastle selama 16 tahun ternyata masih sangat kesulitan berbahasa Inggris karena selama ini dia hanya bersosialisasi dengan saudara dan teman-teman senegaranya saja yang kebetulan juga tinggal di UK. Kebetulan teman saya ini berasal dari Banglades, dan di sini banyak sekali orang Bangalades yang menjadi warga negara Inggris.

Oiya kembali ke parent evening, Alhamdulillah tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari perkembangan akademik maupun psikologis Ara. Bahkan guru memberikan apresiasi yang luar biasa atas perkembangan kemampuan Ara dalam menulis dan membaca. Begitu pula sosialisasinya, Ara tergolong anak yang mudah untuk diajak bekerjasama, dan mudah menjalin hubungan dengan teman sebayanya, termasuk anak baru sekalipun. Bahkan di sekolah Ara diminta tolong oleh guru kelasnya untuk menemani anak baru dari Libya yang belum bisa berbahasa Inggris dengan lancar, untuk membantu memudahkan anak baru tersebut untuk beradaptasi. Hemmm saya senang sekali mendengarnya, rupanya bayi kecil saya ini sudah besar rupanya, sudah bisa diberi tanggung jawab. Alhamdulillah.


Ayat hari ini:
Surat Al-Infithar (Terbelah) ayat 6-10

6. Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah).
7. Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh)mu seimbang,
8. dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu.
9. Bukan hanya durhaka saja, bahkan kamu mendustakan hari pembalasan.
10. Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu),

Tidak ada komentar:

Posting Komentar