Senin, 09 Maret 2015

Worksheet Tentang Charlie and The Chocolate Factory

Wonka Film.pdf


Term ini, pelajaran sekolah Ara bertemakan "Charlie and The Chocolate Factory", sebuah novel fiksi yang ditulis oleh Roald Dahl, seorang penulis terkenal Inggris. Novelnya pun telah di film kan dalam beberapa versi, dan yang terbaru peran utamanya diperankan oleh Johnny Depp. Kemarin Ara membeli DVD nya di sebuah toko charity bersama abinya di kota. Dan kamipun menikmati filmnya bersama.
 
Pulang sekolah hari ini saya minta Ara untuk membuat soal terkait dengan film tersebut, dan saya kali ini menjadi "murid"nya yang siap menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dibuatnya. Hal ini juga termasuk salah satu metode belajar. Jika anak merasa bosan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan, maka metodenya kita balik, anak yang membuat pertanyaan dan kita sebagai orang dewasa yang akan menjawabnya. Bagi anak, ini akan sangat menantang. Mereka harus memikirkan pertanyaan yang kira-kira cukup mereka kuasai jawabannya namun juga cukup sulit untuk dijawab oleh orang dewasa, nah kan cukup challenging bukan? 
 
Ketika saya mulai mengernyitkan dahi saat mengerjakan, Ara mulai bertanya apakah pertanyaannya sulit, dan apakah saya butuh bantuan, butuh clue, dan lain sebagainya. Saya meyakinkan bahwa saya akan mencoba menjawab sebisa saya. Dia pun menyemangati saya. Hemmm benar-benar saya merasakan posisi sebagai murid hehehe... Apa rasanya jika saat saya merasa kesulitan lalu dia malah memarahi saya, atau "merendahkan" saya. Dan saya pun merasa dibesarkan hati saya saat dia menyemangati saya, dan meminta saya untuk mencoba menjawab. Saya pun jadi betul-betul merasakan di posisinya.
 
Setelah jawaban saya dikoreksi ternyata salah 1 dari 4 pertanyaan. Lalu Ara pun berkomentar "That's good. I know that question is quite difficult, that's all right." Oh...rasanya mak nyess hati ini. Alhamdulillah. Selamat mencoba.
 
 
 
 
 
 
 
Surat Al-Baqarah (Sapi Betina) ayat 86-90:
 
86. Mereka itulah orang-orang yang membeli kehidupan dunia dengan (kehidupan) akhirat. Maka tidak akan diringankan azabnya dan mereka tidak akan ditolong.
 
87. Dan sungguh, Kami telah memberikan Kitab (Taurat) kepada Musa, dan Kami susulkan setelahnya dengan rasul-rasul, dan kami telah berikan kepada Isa putra Maryam bukti-bukti kebenaran serta Kami perkuat dia dengan Rohulkudus (Jibril). Mengapa setiap rasul yang datang kepadamu (membawa) sesuatu (pelajaran) yang tidak kamu inginkan, kamu menyombongkan diri, lalu sebagian kamu dustakan dan sebagian kamu bunuh?
 
88. Dan mereka berkata, "Hati kami tertutup." Tidak! Allah telah melaknat mereka itu karena keingkaran mereka, tetapi sedikit sekali mereka yang beriman.
 
89. Dan setelah sampai kepada mereka Kitab (Al-Quran) dari Allah yang membenarkan apa yang ada pada mereka sedangkan sebelumnya mereka memohon kemenangan atas orang-orang kafir, ternyata setelah sampai kepada mereka apa yang telah mereka ketahui itu,mereka mengingkarinya. Maka laknat Allah bagi orang-orang yang ingkar.
 
90. Sangatlah buruk (perbuatan) mereka menjual dirinya, dengan mengingkari apa yang diturunkan Allah, karena dengki bahwa Allah menurunkan karunia-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba Nya. Karena itulah mereka menanggung kemurkaan demi kemurkaan. Dan kepada orang-orang kafir (ditimpakan) azab yang menghinakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar