Minggu, 29 Maret 2015

Merebus Beras Ketan Tanpa Santan

 
Suatu hari saya berniat membuat kolak ketan. Alangkah kagetnya setelah merendam beras ketan ternyata saya tidak menemukan persediaan santan di lemari dapur maupun di dalam kulkas. Mau tidak mau, ketan harus direbus, soal kuah santan, bisa ditunda dulu. Sempat terbersit juga untuk meminjam santan kepada tetangga, tapi niat itu saya urungkan setelah saya melihat ada persediaan susu sapi segar di dalam lemari es. Dan sayapun memutuskan untuk mencoba mengganti santan dengan susu segar.
 
Bahan:
  • 3 cup beras ketan yang sudah direndam -/+ selama 30 menit
  • 1,5 cup susu segar
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok the essence pandan sebagai pengganti daun pandan dan memberi warna hijau pada ketan
  • 1 cup parutan kelapa (optional jika ingin ketan lebih gurih)
Cara:
  1. Masukkan semua bahan ke dalam panci.
  2. Masak dengan api sedang, dan aduk hingga susu menyusut.
  3. Angkat, ketan siap untuk di kukus.
  4. Kukus ketan selama -/+ 20 menit atau hingga pulen.
  5. Ketan siap dihidangkan bersama kuah santan manis atau langsung disantap.
Dengan demikian, saya tidak perlu panik lagi jika ingin memasak ketan namun kehabisan santan. Kebetulan di Newcastle ini harga susu lebih murah daripada harga santan, jadi lebih irit. Dua liter susu harganya £1.00 sedangkan 500 ml santan harganya berkisar £1.20. Soal rasa, menurut saya tidak jauh berbeda. Selamat mencoba :-)  







Surat Al-Baqarah (Sapi Betina) ayat 106-110:

106. Ayat yang Kami batalkan atau Kami hilangkan dari ingatan, pasti Kami ganti dengan yang lebih baik atau yang sebanding dengannya. Tidakkah kamu tahu bahwa Allah Mahakuasa atas segala sesuatu?
 
107. Tidakkah kamu tahu bahwa Allah memiliki kerajaan langit dan bumi? Dan tidak ada bagimu pelindung dan penolong selain Allah.
 
108. Ataukah kamu hendak meminta kepada Rasulmu (Muhammad) seperti halnya Musa (pernah) diminta (Bani Israil) dahulu? Barangsiapa mengganti iman dengan kekafiran, maka sungguh, dia telah tersesat dari jalan yang lurus.
 
109. Banyak di antara Ahli Kitab menginginkan sekiranya mereka dapat mengembalikan kamu setelah kamu beriman, menjadi kafir kembali, karena rasa dengki dalam diri mereka. Maka maafkanlah dan berlapang dadalah, sampai Allah memberikan perintah-Nya. Sungguh Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.
 
110.Dan laksanakanlah salat dan tunaikanlah zakat. Dan segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu, kamu akan mendapatkannya (pahala) di sisi Allah. Sungguh, Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar