Jumat, 26 September 2014

Cheese Buns Jilid 2



Sore tadi saya dan Ara membuat cheese buns jilid ke-dua. Karena rasanya kami masih belum puas merasakan gurihnya buns ini. Kali ini dari resep asli yang saya tulis di artikel sebelumnya, mungkin bisa dilihat selengkapnya melalui link berikut ini, yaitu Cheese Buns, saya modifikasi dengan menambahkan 1 butir telur. Selain itu, proses menguleni kali ini saya lakukan agak lama untuk memastikan bahwa keju benar-benar tercampur sempurna. Plus Ara kali ini ingin membentuknya seperti kue donat, bukan berbentuk bola-bola kecil seperti yang telah kami praktekkan kemarin.

Dari hasil modifikasi ini ada yang unik. Yang pertama, setelah semua bahan masuk, baru kemudian saya masukkan 1 butir telur, adonan menjadi sangat lengket, akhirnya saya putuskan untuk menambahkannya dengan 1 sendok makan terigu hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan. Baru kemudian adonan dibentuk sesuai keinginan, lalu dimasukkan ke dalam oven yang sudah disiapkan suhunya.

Adonan kali ini saya membuat lebih banyak jadi memanggangnya pun 2 kloter alias 2 rombongan he3.... Kloter pertama saya panggang hingga warnanya sedikit kekuningan, alhamdulillah hasilnya memuaskan, luarnya lebih renyah, dan dalamnya lebih lembut. Kloter 1 ini tidak bertahan lama, alias langsung habis begitu saya sajikan di piring. Nah kloter ke 2 agak sedikit gosong karena saya tinggal menyetrika baju, jadi saya kelupaan ceritanya he3.... Sebenarnya warnanya bagus, kuningnya pas, malah kloter pertama warnanya agak pucat. Namun kloter ke-2 ini hasilnya sangat keras, menggigitnya harus dengan usaha yang luar biasa, hufft. Endingnya, sampai saya menulis artikel ini, buns masih nongkrong di piring hi3.... Mungkin besok bangun pagi kalau kelaparan belum masak pasti termakan juga buns yang keras kepala itu he3....

Alhamdulillah jadi dapat ilmu, mungkin kalau buns saat meng-oven tidak perlu warnanya sampai kekuningan, melainkan cukup agak kuning sedikit. Untuk memastikan dalamnya matang atau tidak, lebih baik ambil satu lalu belah tengahnya seperti yang saya lakukan kemarin. Dan satu lagi, jangan memanggang sembari menyetrika baju, bisa berakibat fatal. Itu tips dari saya....selamat mencoba.


#Ayat hari ini:
Surat Asy-Syams (Matahari) ayat 1-5

  1. Demi matahari dan sinarnya pada pagi hari,
  2. demi bulan apabila mengiringinya,
  3. demi siang apabila menampakkannya,
  4. demi malam apabila menutupinya (gelap gulita),
  5. demi langit serta pembinaannya (yang menakjubkan),

Tidak ada komentar:

Posting Komentar