Minggu, 08 Februari 2015

Serunya Saat Mengganti Popok si Kecil

Bersembunyi saat hendak diganti popoknya :-D
 
Pernahkah anda merasa kesulitan atau kerepotan ketika hendak mengganti popok pada balita anda? Terutama pada balita yang sudah mulai merangkak dan berjalan. Mereka tidak lagi mau ditidurkan atau ditelentangkan di atas kasur. Meskipun popok yang digunakan berupa pants, namun tetap saja rasanya kurang begitu rapi dan bersih kalau menggantikannya saat anak-anak banyak bergerak. Terkadang saat tahu hendak diganti popoknya, mereka malah cenderung berlari dan menjauh dari kita, seolah ingin menggoda kita. Ada juga yang menolak dan menangis karena sedang asyik bermain dengan mainannya dan tidak mau diganggu. Ada juga yang setelah dilepas popok kotornya, eh malah berlari kemana-mana. Bukannya malah bersih, malah kotor semuanya. Biasanya hal ini mulai terjadi pada anak usia 7 bulan, yaitu ketika anak mulai merangkak dan area jangkauannya bertambah luas.  Berikut ini ada tips yang mungkin bisa dicoba di rumah. Tips ini muncul dari pengalaman pribadi dan pengamatan di lingkungan sekitar saya.
 
Berterus terang, dan jelaskan.
Sebelum mengajak balita ke kamar mandi atau merebahkannya di atas kasur, sampaikan bahwa kita akan mengganti popoknya karena kotor. Jangan asal comot atau menggendongnya karena mereka akan merasa diinterupsi aktivitasnya saat itu yang mungkin baginya sangat menyenangkan. Sehingga malah semakin membuatnya marah dan memberontak. Upayakan mereka mendengarkan apa yang kita sampaikan yaitu dengan cara dekati, sentuh badannya (bisa juga dipeluk) lalu dekatkan wajah kita agar bisa mudah untuk mereka perhatikan. Jika kemudian mereka berlari atau malah tertawa, menjauh, dan kadang bersembunyi malah. Jangan panik dan marah, lanjutkan ke langkah berikutnya.
 
Mengajak Bermain Sesaat.
Jika balita anda tiba-tiba merangkak menjauh, tariklah pelan-pelan kaki atau badannya mendekati kita sambil mengajaknya bercanda. Atau jika balita anda berlari, menjauhi anda, atau bahkan bersembunyi maka berpura-puralah mencarinya seperti bermain petak umpet. Balita anda pasti juga menikmati permainan ini. Tapi jangan terlalu lama ya, kan fokus kita bukan bermain, melainkan mengganti popoknya. Setelah balita anda sedikit terhibur dengan permainan, maka kembalilah ke tujuan utama. Biasanya setelah menikmati permainan, balita akan cenderung rileks dan akhirnya mau menurut dengan apa yang kita perintahkan.
 
Beri mainan yang mudah dipegang.
Agar kita bisa berkonsentrasi bersih-bersih, maka sibukkan balita dengan mainan di tangannya. Ajak juga mereka berbicara tentang mainannya atau tentang proses bersih-bersih yang sedang kita lakukan, misalnya " Tenang dulu ya dek, nih mama masih mengambil tissue basah, mau mengelap adik", dan seterusnya. Meskipun balita terlihat kurang begitu memperhatikan apa yang kita sampaikan, lama-lama dia akan mengerti proses dan tujuan dari ritual mengganti popok ini.
 
Ajak bersenandung.
Jika balita anda sangat responsive saat mendengar nyanyian atau lagu, maka bersenandunglah lagu kesukaannya, biasanya mereka akan mengikuti dan merasa terhibur. Andapun bisa mengganti popoknya dengan tenang.
 
Beri apresiasi.
Beri rewards pada balita jika berhasil melewati proses dengan tenang. Rewards atau apresiasi ini bisa berupa pujian, ciuman di pipi, pelukan, senyuman, atau tepuk tangan yang ditujukan padanya. Dengan demikian balita anda akan tahu bahwa apa yang telah dilakukannya membawa hasil positif dan menyenangkan baginya sehingga di lain waktu, dia akan melakukan dengan senang hati.
 

#Ayat hari ini;
Surat Al-Baqarah (Sapi Betina) ayat 36-40:

36. Lalu setan memperdayakan keduanya dari surga sehingga keduanya dikeluarkan dari (segala kenikmatan) ketika keduanya di sana (surga). Dan Kami berfirman, "Turunlah kamu! Sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain. Dan bagi kamu ada tempat tinggal dan kesenangan di bumi sampai waktu yang ditentukan."
 
37. Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, lalu Dia pun menerima taubatnya. Sungguh, Allah Maha Penerima taubat, Maha Penyayang.
 
38. Kami berfirman, "Turunlah kamu semua dari surga! Kemudian jika benar-benar dating petunjuk-Ku kepadamu, maka barangsiapa mengikuti petunjuk-Ku, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati."
 
39. Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya.
 
40. Wahai Bani Israil! Ingatlah nikmat-Ku yang telah Aku berikan kepadamu. Dan penuhilah janjimu kepada-Ku, niscaya Aku penuhi janji-Ku kepadamu, dan takutlah kepada-Ku saja.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar