Kamis, 12 Februari 2015

Mengecek Kehalalan Makanan Melalui Kemasan

 
Selama tinggal di Indonesia, saya tidak pernah begitu detail memilah-milah mana makanan yang halal maupun yang tidak. Menurut saya waktu itu semua makanan di Indonesia pastilah halal asal tidak babi, padahal setelah dicermat-cermati bisa saja ayam maupun daging sapi dan kambing yang dijual di pasar belum tentu halal jika yang menyembelih lengah tidak mengucapkan basmallah. Wah ngeri juga, padahal kehalalan makanan yang kita konsumsi sangatlah penting bagi kita umat muslim.
 
Saya mulai sadar dan lebih jeli tentang halal dan haram ini ya setelah tinggal di Newcastle, maklum karena muslim adalah minoritas sehingga tidak semua toko menyediakan makanan halal. Bahkan jajanan anak-anak pun tidak semuanya halal, misalnya coklat, wafer, ataupun permen. Jadi mulai sekarang saya pun mulai cak ini dan itu. Saya pun merasa perlu mengajari anak saya untuk melakukan langkah sederhana untuk mengecek kehalalan jajanan yang hendak ia beli. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
 
1. Chek the "Halal" lable
 
Label halal ini bias saja terdapat pada tokonya, jadi tokonya sudah memasang label halal besar-besar di bagian depan toko mereka misalnya "Halal Shop". Nah kalau seperti ini aman, insyaAllah semua item yang dijualnya pun berlabel halal dan aman dikonsumsi. Bahkan di toko daging halal biasanya mereka juga akan menempelkan lisensi sertifikat halal di tembok sehingga semua pembeli bisa membacanya. Tapi jika kita ingin membeli makanan di toko-toko swalayan atau supermarket biasa, maka kita perlu mengecek label halal pada kemasannya. Nah bagaimana kalau tidak ada? Kita lanjutkan dengan langkah berikutnya.
 
2. Check the "Suitable for vegetarian"lable
 
Label ini mungkin tidak begitu populer di Indonesia, namun di UK lumayan mudah kita temui seiring dengan banyaknya warga sini yang menganut gaya hidup vegetarian atau vegan. Nah jajanan dengan label ini insyaAllah juga aman untuk kita konsumsi.

3. Check the ingredients

Kalau ternyata pada kemasan jajanannya tidak ada label halal atau suitable for vegetariannya, mungkin perlu kita lihat bahannya. Yang jelas terlihat mencolok adalah gelatin. Jika di kemasannya ada tulisan pork gelatine atau beef gelatine mending dihindari saja karena bias dipastikan kalau itu tidak halal. Tapi ada juga gelatine yang berbahan soya, biasanya ditulis dengan soy gelatine atau gelatin from soya, insyaAllah yang satu ini juga aman dikonsumsi.

Setidaknya dengan melakukan 3 cek sederhana ini, anak saya mulai mengerti jika minta dibelikan sesuatu. Tinggal saya minta mengecek label-label yang ada pada kemasannya Ara sudah mulai mengerti mana yang boleh dibeli dan yang tidak. Semoga Allah SWT memudahkan kita semua untuk mendapatkan makanan halal untuk kebutuhan kita sehari-hari, amin.
 
Ada masukan dari beberapa teman bahwa jika ingin mengecek lebih detail maka harus dilihat juga kemungkinan adanya unsur alcohol pada bahan-bahannya. Kemudian khusus untuk kapsul usahakan saat dokter menuliskan resep obat, kita meminta yang bebas gelatin karena biasanya kapsul itu terbuat dari gelatin babi. Wah seru sekali ya memilah-milah antara yang halal dan tidak halal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.
 
 
#Ayat hari ini;
Surat Al-Baqarah (Sapi Betina) ayat 46-50:
 
46. (Yaitu) mereka yang yakin, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.
 
47. Wahai Bani Israil! Ingatlah nikmat-Ku yang telah Aku berikan kepadamu, dan Aku telah melebihkan kamu dari semua umat yang lain di alam ini (pada masa itu).
 
48. Dan takutlah kamu pada hari, (ketika) tidak seorang pun dapat membela orang lain sedikitpun. Sedangkan syafaat dan tebusan apapun darinya tidak diterima dan mereka tidak akan ditolong.
 
49. Dan (ingatlah) ketika Kami menyelamatkan kamu dari (Fir'aun dan) pengikut-pengikut Fir'aun. Mereka menimpakan siksaan yang sangat berat kepadamu. Mereka menyembelih anak-anak laki-lakimu dan membiarkan hidup anak-anak perempuanmu. Dan pada yang demikian itu merupakan cobaan yang besar dari Tuhanmu.
 
50. Dan (ingatlah) ketika Kami membelah lautan untukmu, sehingga kamu dapat Kami selamatkan dan Kami tenggelamkan (Fir'aun dan) pengikut-pengikut Fir'aun sedang kamu menyaksikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar