Sabtu, 20 September 2014

Perkedel Praktis "Instant Mash Potato"


MasyaAllah....ternyata membuat perkedel kentang itu lumayan menyenangkan dan tidak ribet. Tidak ribet bagi saya bukan berarti terus saya bisa membuat perkedel dengan rasa yang super enak he3....maksudnya cara membuatnya saja yang praktis dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Kalau dulu waktu saya tinggal di Malang, membuat perkedel itu membutuhkan niat dan tenaga yang luar biasa, ending nya beli ke warung kalau perkedelnya nggak jadi dan nggak seenak yang dibayangkan hi3.... Kalau suami saya sih soal membuat perkedel lebih gigih, dia kupas kentangnya, potong-potong, goreng, diulek baik kentangnya maupun bumbunya. Selanjutnya dibulet-buletin sendiri, kasih telor pas digoreng buyar dah..... Perkedelnya menyebar kemana-mana alias ambyar bahasa Jawanya wkwkwk...... Meski begitu, habis aja tuh, yah mau nggak mau, trus siapa coba kalau bukan suami saya sendiri yang menghabiskan? Lha wong di rumah cuma bertiga :-D

Alhamdulillah pas di sini saya menemukan instant mash potato dan fried onion ready to use. Hemmm berkah bagi suami yang memang amat menyukai perkedel kentang. Saya pun jadi tidak malas juga membuatnya. Nah...untuk jelasnya bagaimana saya membuat perkedel kentang praktis dengan bahan andalan, saya lanjut saja dengan bahan dan cara pembuatannya.
 
Bahan-bahan:
  • 1 bungkus mashed potato
  • 2 sendok makan bawang goreng "ready to use" (boleh lebih jika suka)
  • 1/2 sendok teh merica
  • garam
  • gula
  • 1 gelas air panas
  • daun bawang (optional)
  • 2 butir telur kocok
Cara membuat:
  1. Masukkan bubuk mash potato ke dalam wadah.
  2. Tambahkan bawang goreng, merica, garam, gula, dan daun bawang, aduk hingga rata.
  3. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga bubuk instan berubah menjadi adonan yang bisa dibentuk.
  4. Bentuk adonan sesuai selera hingga adonan dalam wadah habis.
  5. Balut satu persatu dengan telur lalu goreng ke dalam minyak yang banyak hingga berwarna kuning keemasan.
  6. Angkat dan tiriskan.
Hemmm.....perkedel siap disantap, tinggal dilengkapi dengan pendampingnya, misalnya sup ayam, soto daging, rawon....nah makin enak kan?...... Selamat mencoba......


Edited on 22nd September 2014

Eh kemarin dapat tips dari salah seorang temen yang jago dan punya blog masak, mbak Kiki alias Sylvia Utari tentang bagaimana agar membuat perkedel yang tidak hancur, yaitu:

  1. Saat menggoreng perkedel, pastikan adonan perkedelnya sudah dingin, atau jika perlu simpan terlebih dahulu dalam kulkas sebentar.
  2. Pastikan minyak untuk menggoreng benar-benar panas, bukan sedang-sedang saja apalagi cuma hangat-hangat kuku pasti tidak digunakan untuk menggoreng.
Nah itulah dua tips yang saya terima kemarin saat ngobrol di pengajian. Oiya jika ingin mencari resep-resep mak nyuss silahkan kunjungi juga blog teman saya bundasibuyung.blogspot.com ya....hemm pasti ngiler deh ngliatin resep-resepnya.


Note:
#Bundo....saya promo in lho....jangan lupa testernya ke saya ya....


#Ayat hari ini:
Surat Al-Balad (Negeri) ayat 1-5

  1. Aku bersumpah dengan negeri ini (Mekah),
  2. dan engkau (Muhammad), bertempat di negeri (Mekah) ini,
  3. dan demi (pertalian) bapak dan anaknya.
  4. Sungguh, Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah.
  5. Apakah dia (manusia) itu mengira bahwa tidak ada sesuatu pun yang berkuasa atasnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar