Kamis, 04 Juni 2015

Ensiklopedia Benda Angkasa Buatan Sendiri

Liburan term beberapa minggu lalu, kami membuat ensiklopedia sendiri. Sebenarnya bukan membuat, istilah tepatnya adalah merangkum dari buku-buku ensiklopedia anak-anak, dan video di youtube. Kenapa memilih kegiatan ini? Karena kebetulan tema science di Year 3 (anak saya di Year 3) adalah mengenal benda-benda angkasa seperti matahari, bulan, dan planet-planet luar angkasa lainnya. Dengan merangkum, kita mengajarkan mengenai: 
  • bagaimana cara mencari informasi, apakah dari buku, video, artikel, dan lain sebagainya.
  • bagaimana menyimpan, memilah, dan mengolah informasi yang telah kita dapatkan.
  • menuangkan informasi yang telah kita dapat dengan menggunakan bahasa kita sendiri.
  • menghias hasil rangkuman agar tampak menarik (cara menyajikan hasil).
Sebelum memulai merangkum, langka pertama yang kita lakukan adalah mencari sumber, salah satunya misalnya dari youtube tentang apa yang akan kita rangkum. Berikut adalah salah satu video bagus tentang Matahari.



Setelah puas melihat-lihat video tentang benda-benda angkasa, boleh melihat buku jika dirasa sumbernya kurang lengkap. Buku ensiklopedia yang dijadikan rujukan hendaknya adalah buku ensiklopedia anak-anak agar bahasanya mudah dipahami. Berikut beberapa buku yang kami gunakan untuk membuat rangkuman.


Setelah dirasa sumber yang dibutuhkan sudah mencukupi, langkah selanjutnya adalah mengambil kertas dan spidol atau pensil warna-warni untuk menulis. Jika masih ragu langsung menulis dengan menggunakan spidol, boleh juga sebelumnya membuat rangkuman menggunakan pensil pada kertas yang lain. Setelah dirasa bagus dan sesuai keinginan, baru ditulis menggunakan spidol pada kertas HVS putih atau warna-warni.
Berikut ini adalah hasil yang kami buat. Jadi yang membuat rangkuman bukan hanya anak sendiri, melainkan saya juga ikut mengerjakan proyek ini untuk menyemangati anak saya. Jika ada teman yang bergabung, mungkin saya tidak perlu turut mengerjakan, hanya cukup menemani saja, berhubung sedang sendirian saja jadi saya turut berperan serta.
Berikut adalah hasil dari rangkuman yang telah kami buat.


Jika ingin dibuat lebih menarik, gambar keterangan tidak perlu digambar dengan spidol, melainkan kita bisa membuatnya dari kain flanel warna-warni yang digunting sesuai bentuk lalu ditempel pada kertas sehingga memberi efek 2 dimensi. Seperti yang pernah kami buat pada ensiklopedia binatang malam. Selamat mencoba, semoga berkah dan bermanfaat :-)
 
 
 
 
 
 
Surat Al-Baqarah (Sapi Betina) ayat 231-235: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar