Senin, 01 Juni 2015

Cara Berurusan Dengan Cek

Baru kali ini saya mendapatkan cek, selama di Indonesia pun saya tidak pernah mendapatkan cek sehingga tidak tahu juga apa yang harus saya lakukan dengan yang namanya cek. Suatu hari saya menerima surat yang berisi pemberitahuan dan  cek pengembalian uang pendaftaran dari sebuah perguruan tinggi di Newcastle. Padahal lokasi perguruan tinggi ini lumayan dekat dari rumah, sekitar 10 menit jika berjalan kaki. Rupanya bagian resepsionis sudah berulang kali mencoba menghubungi saya lewat telepon namun tidak pernah saya angkat . Ya akhirnya mereka kirim cek lewat pos.
 
Nah sekarang saya akan memberi tahu bagaimana cara mencairkan uang di cek yang kita dapatkan. Ada 2 cara tergantung keperluan kita, apakah kita ingin mengambil uang tersebut secara tunai atau mentransfer ke rekening tabungan kita.
 
  • Transfer ke rekening tabungan:
Jika ingin mentransfer ke rekening kita, maka kita dapat memprosesnya melalui bank. Banknya bisa apa saja, entah itu bank dengan merk sama tempat kita membuka akun atau bank dengan merk lain, hehehe...sebutnya merk. Tunjukkan cek dan surat yang kita dapat kepada kasir, dan kasir akan segera memprosesnya. Kenapa surat juga harus diberikan? Karena sebagai bukti bahwa cek itu memang ditujukan untuk kita. Dan satu lagi, bawa bukti identitas diri, entah itu passport, atau bukti tagihan apa saja (bukti tagihan listrik/gas). Prosesnya insyaAllah tidak lama, nah beres sudah.
 
  • Uang Tunai saja:
Seandainya kita ingin uang tunai, maka yang kita tuju bukan bank, melainkan "The Money Shop". Lalu apa saja yang dibawa? Dalam hal ini sama, cek, surat pemberitahuan yang kita dapat, dan bukti diri. Kita serahkan semuanya ke petugas di sana, dan tak lama kemudian kita akan mendapatkan uang tunai sejumlah cek yang kita dapatkan.
 
Nah ternyata mudah sekali, Alhamdulillah sekarang pun saya tidak bingung lagi berurusan dengan cek-cek an. Hayuuuk...siapa yang mau mengirim cek ke saya, segera ya... :-D

Catatan:
*The Money Shop di area Newcastle salah satunya di West Road, depan Hampstead Road seberang jalan persis.
*Jangan lupa untuk menanyakan berapa biaya yang akan dikenakan, baik untuk di bank maupun di The Money Shop. 
 
 
 
 
 
 
 
Surat Al-Baqarah (Sapi Betina) ayat 216-220:
 
216. Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.
 
217. Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang berperang pada bulan haram. Katakanlah, "Berperang dalam bulan itu adalah (dosa) besar. Tetapi menghalangi (orang) dari jalan Allah, ingkar kepada-Nya, (menghalangi orang masuk) Masjidilharam, dan mengusir penduduk dari sekitarnya, lebih besar (dosanya) dalam pandangan Allah. Sedangkan fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Mereka tidak akan berhenti memerangi kamu sampai kamu murtad (keluar) dari agamamu, jika mereka sanggup. Barangsiapa murtad di antara kamu dari agamanya, lalu dia mati dalam keadaan kekafiran, maka mereka itu sia-sia amalnya di dunia dan di akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya."
 
218. Sesungguhnya orang-orang yang beriman, dan orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itulah yang mengharapkan rahmat Allah. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.
 
219. Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang khamar dan judi. Katakanlah, "Pada keduanya terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia. Tetapi dosanya lebih besar daripada manfaatnya." Dan mereka menanyakan kepadamu (tentang) apa yang (harus) mereka infakkan. Katakanlah, "Kelebihan (dari apa yang diperlukan)." Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu memikirkan.
 
220. Tentang dunia dan akhirat. Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang anak-anak yatim. Katakanlah, "Memperbaiki keadaan mereka adalah baik!" Dan jika kamu mempergauli mereka, maka mereka adalah saudara-saudaramu. Allah mengetahui orang yang berbuat kerusakan dan yang berbuat kebaikan. Dan jika Allah menghendaki, niscaya Dia datangkan kesulitan kepadamu. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar