Rabu, 06 Mei 2015

Makan Siang Gratis di Sekolah

 
Hari Kamis minggu lalu, Ara bilang kalau hari Jumat tidak perlu bawa pack lunch alias bekal makan siang karena dia mendapatkan free pack lunch dari sekolah untuk hari Jumat saja. Setelah ditanya alasannya ternyata Ara baru saja mendapatkan award sebagai "Independent Learner" dan hadiahnya berupa satu kali free pack lunch dan duduk di "Top Table". "Top Table" semacam meja kehormatan yang ada di kantin sekolah untuk setiap anak yang mendapatkan penghargaan dari sekolah. Anak yang duduk di Top Table ini tentu saja berganti-ganti. 
 
Ara terlihat sangat senang sekali. Dia merasa senang karena sudah membayangkan akan memilih menu-menu kesukaannya di sekolah. Mungkin dia bosan kali ya dengan bekal makanan dari rumah hehehe.... Sebelum-sebelumnya memang Ara ingin dibelikan bekal dari sekolah saja, namun karena menurut kami harganya mahal, jadi kami hanya membelikannya saat ada event atau party di sekolah, tidak setiap hari.
 
Kebijakan di UK ini, anak-anak mulai kelas Reception (usia 4 tahun) sampai year 2 (kelas 2) akan mendapatkan gratis makan siang di sekolah. Begitu juga dengan anak-anak dari keluarga yang mendapatkan benefit dari pemerintah UK dari year 3 sampai year 6, mereka mendapatkan makan siang gratis. Sementara Ara di year 3 dan kami tidak mendapatkan benefit (karena kami datang dengan visa student dan dependent) maka harus membayar jika ingin makan siang di kantin sekolah. Pembayarannya kalau tidak salah sebesar £1.90 per hari.
 
Anak-anak sebenarnya di dorong untuk membeli makan siang di kantin sekolah karena selain bervariasi, juga menunya bergizi dan disesuaikan dengan kebutuhan anak. Pihak sekolah juga mengumumkan dengan menempelkan sertifikasi halal pada makanan yang disediakan sehingga mereka yang muslim tidak perlu khawatir. Kebetulan di sekolah Ara ini banyak sekali anak muslimnya dan bersekolah juga memakai jilbab.
 
Hari Jumat sepulang sekolah, Ara dengan semangat menceritakan menu makan siangnya dari sekolah. Kami pun mendoakan semoga lain kali mendapatkan award lagi, dia pun mengamini dan berupaya menjadi anak yang independent di sekolah. Alhamdulillah, emaknya bahagia karena 2 hal, bahagia karena melihat anaknya merasa bahagia dan termotivasi, dan bahagia karena mendapatkan  sesuatu yang "gratisan". Aduh mulia sekali sifat emak yang satu ini :-D
 
 
 
 
 
 
 
Surat Al-Baqarah (Sapi Betina) ayat 171-175:
 
171. Dan perumpamaan bagi (penyeru) orang yang kafir adalah seperti (penggembala) yang meneriaki (binatang) yang tidak mendengar selain panggilan dan teriakan. (Mereka) tuli, bisu, dan buta, maka mereka tidak mengerti.
 
172. Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.
 
173. Sesungguhnya Dia hanya mengharamkan atasmu bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih dengan (menyebut nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa terpaksa (memakannya), bukan karena menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sungguh Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.
 
174. Sungguh, orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah diturunkan Allah, yaitu Kitab, dan menjualnya dengan harga murah, mereka hanya menelan api neraka ke dalam perutnya, dan Allah tidak akan menyapa mereka pada hari Kiamat, dan tidak akan menyucikan mereka. Mereka akan mendapat azab yang sangat pedih.
 
175. Mereka itulah yang membeli kesesatan dengan petunjuk dan azab dengan ampunan. Maka alangkah beraninya mereka menentang api neraka! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar