Sabtu, 23 Mei 2015

Berikut 8 Tips Belanja Hemat di Newcastle

Suasana car boot Hexam dari kejauhan
 
Kemarin ngobrol dengan salah seorang teman dari Pakistan. Dia seorang student, kira-kira sudah hampir 4 tahun tinggal di sini bersama keluarganya dan berusaha untuk menetap di UK dengan segala pertimbangannya. Obrolan pun beralih dari keluarga menjadi obrolan seputar mata uang. Bagaimana dia awalnya merasa kekurangan karena dengan mata uang Poundsterling yang nilainya jauh lebih tinggi daripada Rupee.

Awalnya dia selalu meng kurs kan mata uang negaranya dengan Pound setiap kali hendak dan selesai belanja dengan harapan bisa menyesuaikan standar pengeluaran dia selama di negaranya dengan di UK. Namun setelah dilakukannya berulang-ulang bukannya malah menghasilkan sesuatu yang baik namun sebaliknya jadi mudah cemas memikirkan kondisi keuangan. Semenjak itu dia tidak mau lagi melakukannya.

Hal itu juga terjadi kepada diri saya, saya awalnya selalu membanding-bandingkan harga apa saja dengan mata uang Rupiah, dan hasilnya pusing sendiri. Karena bisa dibayangkan, misalnya jika ingin membeli buah satu kilo dengan harga £3 misalnya, nah tinggal kalikan saja dengan 20.000, jadi kaget sendiri kan. Ujung-ujungnya tiap kali mau belanja selalu pusing duluan dengan hitung-hitungan.

Yang bisa kita lakukan adalah melakukan penghematan dan bukan melakukan penghitungan. Sehingga paling tidak saya dan keluarga masih bisa bertahan sedikit lebih lama dengan beasiswa yang didapat suami. Untuk menyiasatinya, saya punya tips hemat berbelanja di UK khususnya di Newcastle:

1. Long Grain Rice
 
Makanan pokok orang Indonesia apalagi kalau bukan nasi, meskipun sudah makan roti dan spageti, itu hanya camilan kecil. Nah beras long grain ini harganya paling murah di sini, harganya hanya £0.40 per kilo. Kalau soal punel tidaknya itu selera sih, Alhamdulillah kami sekeluarga cocok mengkonsumsi beras yang satu ini. Beras ini juga mudah didapatkan di swalayan semacam Asda, Tesco, Lidl, dan Aldi.

2. Reduced
 
Saat belanja di swalayan, mungkin kita bisa lebih detail memperhatikan tanda ini yang artinya harga barang sudah dikurangi, biasanya pengurangannya mencapai lebih dari separuh harga. Barang yang harganya dikurangi bisa apa saja seperti buah dan sayuran. Kualitas barang yang harganya dikurangi tentu saja tidak sesegar barang dengan harga normal namun masih cukup bagus dan layak dikonsumsi, jadi tidak perlu ragu dan khawatir saat membelinya. Sebelum membeli ada baiknya mengecek lebih detail buah atau sayur yang akan kita beli.

3. Beli 1 box
 
Di took sayuran semacam Hutchinson atau di pasar Grainger, mereka menjual buah dan sayur dalam ukuran box. Biasanya harganya jauh lebih murah jika dibandingkan membeli bijian atau kilo-an. Masak iya kita mau beli buah satu box? Nah biasanya saya membelinya barengan sama teman, misalnya buah pisang 1 box, isinya banyak sekali harganya cuma £3, lalu kita bagi berdua, bertiga atau berempat, dan pembayarannya tinggal dibagi saja dengan jumlah orangnya.

4. Belanja di sore hari
 
Tips ini hanya berlaku jika kita ingin membeli buah dan sayuran terutama di pasar Grainger. Menjelang tutup, sekitar pukul 4 ke atas, biasanya penjual akan men-diskon harga hingga separuhnya. Ini sudah berkali-kali dialami suami saya, sepulang dari kampus biasanya mampir ke pasar, eh Alhamdulillah bisa beli pisang, strawberry, bawang bombai, jamur, dan lain-lain dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga aslinya. Namun kelemahannya adalah tidak semua sayuran dan buah kita temukan jika sudah sore hari, maklum biasanya dagangan sudah banyak yang habis. Tapi tidak rugi dicoba, barangkali berhasil menemukan sayuran dan buah kesukaan kita dengan harga hemat.

5. With skin please
 
Orang-orang di sini jika membeli daging ayam biasanya lebih suka tanpa kulit. Awal dulu saya belanja ayam, sama "bakul"nya tiba-tiba ayamnya dikuliti dengan gerakan secepat kilat, dan saya hanya ndomblong saja waktu itu. Eh...begitu di kasir, saya terkejut karena harga ayamnya lebih mahal daripada harga yang tertera di daftar. Ternyata, harga ayam tanpa kulit (skin off) memang lebih mahal daripada with skin. Sejak saat itu, saya selalu bilang with skin please supaya anak saya juga tidak marah gara-gara kulit ayam kesukaannya dimasukkan tempat sampah begitu saja oleh si pedagang daging ayam, kan sayang :-(

6. Charity Shop
 
Sekarang, mari beralih dari makan-makanan ke kebutuhan primer selanjutnya, yaitu pakaian dan pernak-perniknya. Charity shop adalah salah satu alternative jika ingin membeli baju, sepatu, alat makan, mainan anak, dan bedding. Di Newcastle banyak sekali toko-toko charity yang menjual barang second dengan kualitas yang masih layak pakai, tentunya dengan harga yang sangat murah. Hidup di negara 4 musim, otomatis kebutuhan baju akan sangat banyak sekali macamnya, karena model baju tertentu hanya sesuai untuk musim tertentu saja. Dengan membeli di charity kita sudah bisa menghemat pengeluaran untuk kebutuhan baju dan semacamnya, selain itu kita juga beramal. Bayangkan saja jika coat baru (merk biasa) di toko bisa mencapai harga £30, maka di charity shop bisa kita dapatkan dengan harga £5, murah bukan? Jangan lupa kita tetap harus jeli memilih dan memilah untuk mendapatkan barang bagus di toko semacam ini. Jika beruntung kita mungkin menemukan baju, sepatu atau tas baru lengkap dengan tag tapi dengan harga second, hemmm menarik kan?
 
7. Car boot Sale
 
Ini lokasi belanja kesukaan saya. Tempat ini semacam pasar namun barang yang dijual sebagian besar barang second. Biasanya penjual adalah orang-orang biasa (bukan pedagang) yang ingin mengosongkan barang-barang di rumahnya karena sudah tidak terpakai lagi. Kita dapat menemukan aneka barang di sini, mulai baju, pernak-pernik interior dan eksterior, sepeda, alat memasak, perlengkapan golf, alat musik, dan masih banyak lagi macamnya. Kenapa disebut car boot? Karena stand yang digunakan untuk jualan adalah bagasi mobil, jadi banyak deretan mobil dengan aneka barang jualannya. Harganya cenderung lebih murah daripada charity shop, dan kita bisa menawar harganya. Tapi tidak usah ditawar pun harganya sudah murah biasanya, misalnya jaket, saya membelinya hanya dengan harga £1 saja. Celana anak-anak berkisar £0.50. Makanya saya paling suka jika pergi ke car boot. Sebelum ke sana kita harus cek jadwal dulu secara online, biasanya buka tiap hari Minggu namun kadang tutup jika cuaca tidak mendukung. Lokasi car boot yang terjangkau dari Newcastle antara lain Hexam, Blaydon, dan Westgate Car Park (car boot yang satu ini biasanya buka hari Sabtu).
 
8. Tunggu Boxing Day selesai
 
Di UK ada boxing day setiap tanggal 26 Desember. Biasanya toko-toko akan memberikan diskon besar-besaran terutama toko dengan merk bagus seperti H&M, Next, M&S, dan merk-merk terkenal lainnya. Namun menurut saya harga boxing day masih relative mahal. Jika mau bersabar untuk mendapatkan barang ber-merk dengan harga yang terjangkau, tunggu kisaran bulan Januari, harganya jauh lebih murah dibanding saat boxing day. Hal ini juga yang disarankan oleh Miss Jinjing di salah satu wawancaranya di sebuah stasiun televisi.
 
Itulah 8 tips belanja hemat di Newcastle dari saya, sebagian besar informasi ini hasil dari pengalaman saya dan suami, serta beberapa lainnya dari kawan yang juga tinggal di Newcastle. Semoga bermanfaat :-)
 





 

Surat Al-Baqarah (Sapi Betina) ayat 196-200:

196. Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. Tetapi jika kamu terkepung (oleh musuh), maka (sembelihlah) hadyu yang mudah didapat, dan jangan kamu mencukur kepalamu, sebelum hadyu sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antara kamu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu dia bercukur), maka dia wajib ber-fidyah, yaitu berpuasa, bersedekah atau berkurban. Apabila kamu dalam keadaan aman, maka barangsiapa mengerjakan umrah sebelum haji, dia (wajib menyembelih) hadyu yang mudah didapat. Tetapi jika dia tidak mendapatkannya, maka dia (wajib) berpuasa tiga hari dalam (musim) haji dan tujuh (hari) setelah kamu kembali. Itu seluruhnya sepuluh (hari). Demikian itu, bagi orang yang keluarganya tidak ada (tinggal) di sekitar Masjidilharam. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras hukuman-Nya.

197. (Musim) haji itu (pada) bulan-bulan yang telah dimaklumi. Barangsiapa mengerjakan (ibadah) haji dalam (bulan-bulan) itu, maka janganlah dia berkata jorok (rafas), berbuat maksiat dan bertengkar dalam (melakukan ibadah) haji. Segala yang baik yang kamu kerjakan, Allah mengetahuinya. Bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat.

198. Bukanlah suatu dosa bagimu mencari karunia dari Tuhanmu. Maka apabila kamu bertolak dari Arafah, berzikirlah kepada Allah di Masy'arilharam. Dan berzkirlah kepada-Nya sebagaimana Dia telah memberi petunjuk kepadamu, sekalipun sebelumnya kamu benar-benar termasuk orang yang tidak tahu.
 
199. Kemudian bertolaklah kamu dari tempat orang banyak bertolak (Arafah) dan mohonlah ampunan kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.
 
200. Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka berzikirlah kepada Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut nenek moyang kamu, bahkan berzikirlah lebih dari itu. Maka diantara manusia ada yang berdoa, "Ya Tuhan Kami, berilah kami (kebaikan) di dunia," dan di akhirat dia tidak memperoleh bagian apa pun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar