Minggu, 05 April 2015

Penghargaan: "Number Bonds to 10"

 
 
Penghargaan ini diperoleh Ara saat duduk di Year 2 atau istilahnya kelas 2 Sekolah Dasar. Alasan dibalik pemberian pernghargaan ini adalah karena Ara dianggap mampu menghafal "number bonds to 10" dengan baik. Setap keberhasilan anak akan dihargai salah satunya dengan cara memberikan sertifikat seperti ini. Ara pun terlihat senang menerimanya.
 
Lantas apa sebenarnya yang dimaksud dengan "number bonds to 10"? Yaitu salah satu bagian dari pelajaran matematika yang mempelajari tentang angka-angka yang jika dijumlahkan akan menghasilkan angka 10. Yaitu sebagai berikut:
  • 1 dan 9 karena 1 + 9 = 10
  • 2 dan 8 karena 2 + 8 = 10 dst
  • 3 dan 7
  • 4 dan 6
  • 5 dan 5
  • 6 dan 4
  • 7 dan 3
  • 8 dan 2
  • 9 dan 1
Keuntungan dalam menghafal materi ini adalah anak dengan spontan mengenali hasil dari penjumlahan hingga 10.Selain itu akan memudahkan anak saat harus menjumlahkan dengan digit angka yang lebih banyak. Jika anak sudah berhasil dan lancar menghafal number bonds yang sederhana ini, maka akan dikenalkan dengan angka yang jumlahnya lebih besar, misalnya number bonds to 20, dan seterusnya. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Surat Al-Baqarah (Sapi Betina) ayat 126-130:
 
126. Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa, "Ya Tuhanku, jadikanlah (negeri Mekah) ini negeri yang aman dan berilah rezeki berupa buah-buahan kepada penduduknya, yaitu di antara mereka yang beriman kepada Allah dan hari kemudian." Dia (Allah) berfirman, "Dan kepada orang yang kafir akan Aku beri kesenangan sementara, kemudian akan Aku paksa dia ke dalam azab neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali."
 
127. Dan (ingatlah) ketika Ibrahim meninggikan fondasi Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa), "Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui."
 
128. Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah (haji) kami, dan terimalah tobat kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.
 
129. Ya Tuhan kami, utuslah di tengah mereka seorang rasul dari kalangan mereka sendiri, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Mu, dan mengajarkan Kitab dan Hikmah kepada mereka, dan menyucikan mereka. Sungguh, Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
 
130. Dan orang yang membenci agama Ibrahim, hanyalah orang yang memperbodoh dirinya sendiri. Dan sungguh, Kami telah memilihnya (Ibrahim) di dunia ini. Dan sesungguhnya di akhirat dia termasuk orang-orang yang saleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar