Sabtu, 24 Agustus 2013

Asal Klik Link Itu.....Bikin Pening


Hari ini, saya sebenarnya berniat menuliskan sesuatu yang lama belum sempat saya tuliskan, yaitu tentang retardasi mental dan perkembang seksual. Namun hari ini pun saya tidak jadi menuliskannya, alasannya karena saat membuka blog, tiba-tiba ada iklan semacam pelangsing tubuh yang gambarnya tidak senonoh. Berkali-kali saya utak-atik laptop berharap ada jalan keluar untuk menyingkirkan gambar-gambar yang mengganggu itu.


Setelah beberapa menit, saya lalu konsultasi dengan kakak saya yang kebetulan jago dibidang perkomputeran. Alhamdulillah segera direspon, lalu kakak meminta email beserta password agar bisa mengakses blog saya. Tak lama kemudian, datang pesan melalui fb, ternyata setelah dibuka dari Indonesia, semua baik-baik saja, tidak ada iklan aneh-aneh yang muncul. 


Berpindah ke hal yang lain, kali ini laptop ditengarai terkena virus karena browsernya tiba-tiba berubah sendiri. Pesan berikutnya muncul, kakak saya memberikan petunjuk bagaimana cara menangani virus yang satu ini. Berhubung saya juga agak gaptek dengen teknologi yang satu ini, jadilah saya bagai nenek-nenekberjalan pelan dengan tongkat di tangan berupaya meraba-raba apa maksud tiap-tiap instruksi yang harus dilakukan. Puyeng karena instruksi dan gambar sama sekali berbeda dengan yang tersedia di laptop saya. Usut punya usut ternyata browsernya beda tahun kelahiran, jiah...alias yang digambar lebih jadul. Pantesan ndak nyambung-nyambung....


Akhirnya saya coba browsing sendiri sambil terus berkonsultasi dengan kakak lewat fb. Akhirnya ketemu juga yang sesuai. Dengan penuh ketegangan saya coba menerapkan instruksi demi instruksi yang diberikan lewat tayangan you tube. Maklum saya cemas juga karena jika ada yang keliru, waduh kemana lagi saya harus mengadu, maklum konon katanya disini segala macam perbaikan itu mahal harganya, ampuuun. Bismillahirrohmaanirohiim, klik. Sudah,.....saya cek lagi, loh kok tidak ada perubahan? Padahal sudah berkali-kali laptop saya restart. Browser yang muncul tetap berbeda, bukan chrome, dan gambar-gambar iklan tetap saja muncul. Ya Allah.....urusan begini bisa jadi darah tinggi nih lama-lama. Astaghfirullahaladziim.


Saya browsing lagi, akhirnya nemu program yang namanya adblock (untuk mengeblok iklan-iklan), setelah saya instal, Alhamdulillah iklan buruk rupa itu tidak lagi muncul, tapi space kosongnya masih ada? Mengganggu tampilan juga. Lho kok?? Dan browsernya juga tidak mau ganti. Yang penting iklan sudh hilang, sekarang perbaiki browser dulu. Akhirnya saya masuk ke setting chrome, saya utak-atik dan mendelik buat baca yang njlimet-njlimet di situ, bahasa inggris lagi, triple puyeng....


Aha....nemu nih dengan masalah yang sedang saya alami, akhirnya saya terapkan instruksi yang ada, beres, re-start lagi, dan wow....tetep ndak ada perubahan, chrome ndak mau nongol juga. Utak-atik lagi, bismillah, semoga yang ini. Saya re-start lagi, Alhamdulillah berhasil. Google chrome telah kembali seperti semula...... eh sekarang kembali lagi ke space iklan kosong yang menganggu.Kenapa mengganggu? karena setiap kali saya mau entri blog, space iklan itu menutupi space entri, jadi saya tidak bisa mengetik, weleh....weleh...


Saya memutuskan untuk menambah adblockplus, berharap iklan pergi beserta space-space nya. Setelah saya add adblockplus, space tetep muncul. Ada tombol filter di adblockplus itu, saya coba klik ini itu, akhirnya....blog saya yang hilang karena dianggap sebagai iklan juga....masyaAllah, kuartet puyeng nih... Lalu saya putuskan untuk menghilangkan blocknya, alhamdulillah blog saya bisa muncul, tapi syaratnya ya itu, adblockplus harus disable, kl dimunculkan hilang semua tulisan saya :-( Ndak papa lah, sementara masalah sudah bisa teratasi. Kendala space iklan masih ada, namun kadang space itu muncul, kadang juga tidak, makanya akhirnya bisa menulis curahan melow ini.


Saatnya meregangkan tubuh, dan menengok jam, wow....jam 7 malam, padahal saya mulai mengutak-atik laptop ini mulai dari jam 10 pagi ck..ck...ck.... tapi memang kegiatan utak-atik diselingi momong, makan, sholat, dan lain-lain. Alhamdulillah.


Awal mula kisah......

Beberapa hari lalu muncul keinginan untuk mendownloadkan film kartun untuk Ara, agar dia sedikit terhibur dengan kepergian mbah. Nah disitulah awal mulanya. Saya mulai search situs-situs download film gratis, disetiap situs yang saya buka selalu ada gambar film yang saya cari dan tombol download di bawahnya. Dengan lugunya, saya klik aja tulisan download, lalu muncul tombol download yang lain, lalu tiap kali klik muncul yang lain pula, bukan film yang terdownload tapi entah bermacam-macam program yang kebanyakan tidak begitu saya kenal, kebanyakan sih program untuk download film juga. Entah berapa link yang sudah saya klik. itulah kata kakak saya yang mungkin menyebabkan masuk virus ke laptop saya. Anehnya padahal berkali-kali saya coba scan dengan antivirus, kenapa ndak mau pergi juga ya? Akhirnya saya uninstall satu-persatu. 

Saatnya istirahat, insyaAllah nanti malam atau besok pagi saya sempat mengutak-atiknya lagi. Ada yang bersedia memberi pertolongan gratis? Emmm akan sangat dengan senang hati saya terima :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar