Senin, 22 Juli 2013

Puasa Semakin Akrab dengan Yoghurt


Alhamdulillah puasa hingga hari ke 12 di tahun ini, Allah memberikan kemudahan bagi saya dalam menjalaninya. Apalagi puasa tahun ini pas dengan musim panas di UK sehingga lama puasa kurang lebih 19 jam. Didukung dengan suhu dan cuaca yang cukup nyaman, yang tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin menambah kenyamanan saat menjalankan ibadah puasa. Meski tahun ini UK dilanda heat wave, tapi bagi saya suhunya masih cukup nyaman, tidak sepanas di Indonesia.

Puasa tahun ini, saya memiliki kebiasaan baru yaitu mengkonsumsi yoghurt baik saat berbuka maupun sahur. Awalnya hubungan saya dengan yoghurt tidak terlalu baik. Dari iklan di televisi saya cukup mengetahui beberapa manfaat dari yoghurt, namun saat merasakan rasa yoghurt yang masam saya jadi ragu, apakah ini aman bagi saya yang sering menderita magh? Bukankah rasa masam harus dijauhkan dari penderita magh? Sehingga saya jarang mengkonsumsinya. Namun setelah banyak saran dari teman-teman disini yang meyakinkan bahwa yoghurt aman dikonsumsi dan aman bagi lambung. Salah seorang teman juga menceritakan pengalamannya bahwa mengkonsumsi yoghurt saat sahur membuat perut lebih tahan lapar. Nah dari situlah saya kemudian berani mencoba, ditambah lagi saya kemudian mencari informasi lebih banyak lagi tentang manfaat yoghurt yang ternyata banyak sekali, lebih banyak dari yang saya tahu dari iklan. Ya....pasti dong....

Berikut ini beberapa manfaat dari yoghurt hasil dari saya berselancar di dunia maya, antara lain;
  1. Menjaga tulang agar tetap sehat. Kandungan kalsium dan vitamin D dalam yoghurt membantu menjaga kesehata tulang, dan mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.
  2. Membantu penderita yang alergi terhadap laktosa (gula susu). Laktosa dalam yoghurt telah difermentasi (dipecah) oleh bakteri lactobacillus  bulgaricus sehingga mudah diserap oleh tubuh dan tidak menimbulkan diare.
  3. Menyembuhkan diare dan anti kanker dalam saluran cerna. Yoghurt dapat menyembuhkan diare bagi anak maupun orang dewasa. Hal ini ditunjukkan oleh beberapa penelitian bahwa bakteri dalam yoghurt membantu menjaga keseimbangan dalam usus dengan cara menghasilkan zat-zat yang menghalangi pertumbuhan bakteri jahat dalam usus. Serta membantu membuang zat-zat dalam usus yang memang seharusnya terbuang yang dapat menimbulkan kanker.
  4. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Yoghurt juga banyak mengandung kalium yang membantu proses menurunkan tekanan darah. Ini sangat cocok bagi mereka yang berkecenderungan memiliki tekanan darah tinggi. Aktifitas bakteri dalam yoghurt juga membantu menurunkan kadar kolesterol.
  5. Baik untuk kesehatan kulit. Asam laktat dalam yoghurt dapat membantu menyingkirkan sel-sel mati dalam kulit sehingga membuat kulit bersih dan mulus. Tidak hanya dikonsumsi, namun yoghurt juga bisa dimanfaatkan sebagai masker agar kulit wajah lebih sehat. Yang satu ini belum saya buktikan, karena merasa sayang jika yoghurtnya dioles-oles di kulit, mungkin suatu saat nanti.
  6. Mengandung berbagai jenis vitamin. Dalam satu porsi yoghurt terdapat berbagai macam nutri, antara lain kalium, fosfor, vitamin B5, seng, yodium dan riboflavin, juga vitamin B12.
  7. Meningkatkan kekebalan dalam tubuh dan mencegah resiko infeksi jamur. Probiotik yang terdapat dalam yoghurt membantu merangsang sel-sel darah putih melawan infeksi. Disamping itu, menurut beberapa penelitian, konsumsi yoghurt juga membantu mengurangi dan mencegah infeksi jamur dalam vagina.
  8. Membantu menurunkan berat badanMenurut sebuah studi yang dilakukan oleh International Journal of Obesity pada tahun 2005, asupan kalsium melalui yoghurt membantu tubuh menggunakan lemak yang tersimpan.
  9. Membantu menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Menurut sebuah penelitian di Jepang, mengkonsumsi plain yoghurt dapat menghilangkan bau mulut secara alami. Karena kandungan gula alaminya dapat menghilangkan komponen sulfur pada mulut yang memicu terjadinya bau mulut. Bakteri pada makanan ini juga membantu melawan bakteri penyebab bau mulut. Vitamin C yang terdapat pada yoghurt juga membantu mengurangi plak dan penyakit gusi. Dua hal tersebut yang memicu terjadinya gusi berdarah dan peradangan mulut yang dapat mengakibatkan bau mulut.
Subhanallah, ternyata banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari mengkonsumsi makanan yang satu ini, terutama menjaga kondisi tubuh saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan yang suci ini. Semoga artikel ini bermanfaat, semakin menambah wawasan kita semua, dan semoga Allah menerima amal ibadah kita, amin.

Sumber:
  • www.healthdetik.com
  • www.ayahbunda.co.id
  • www.dreamersradio.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar