Kamis, 28 Februari 2013

5 a Day


Saya beberapa kali mendengar istilah ini selama tinggal di Newcastle, penasaran juga apa sebenarnya maksud dari istilah tersebut. Awalnya saya menduga kalau itu program yang sama dengan 4 sehat 5 sempurna yang sedari dulu sudah digalakkan di Indonesia. Tapi ternyata berbeda, akhirnya saya menemukan informasi di internet, saya tulis menggunakan bahasa saya sendiri agar lebih mudah saya pahami.

5 a Day adalah nama dari salah satu program kesehatan yang diterapakan di beberapa negara antara lain di Amerika, Inggris, dan Jerman yaitu menyarankan agar masyarakat mengkonsumsi 5 porsi buah dan sayuran dalam sehari. Hal itu berdasarkan rekomendasi dari WHO bahwa setiap individu disarankan setidaknya mengkonsumsi 400gr sayuran perhari. Pada April 2010, penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi buah dan sayur berpengaruh dalam mengurangi penyakit kanker. 

Di UK sendiri program ini diperkenalkan oleh Departemen Kesehatan UK pada musim dingin 2002-2003. Awalnya kampanye ini banyak mendapatkan sorotan dari media karena tingginya biaya untuk mendapatkan buah dan sayur yang segar. Selain itu kampanye ini dianggap membutuhkan biaya besar namun target yang tercapai tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Namun penelitian selama 10 tahun yang dilakukan telah menenukan solusi. Di artikel yang saya baca tidak dituliskan seperti apa bentuk solusinya. Namun demikian, kampanye ini akhirnya mengundang kritik  dari Channel 4 karena pemerintah dianggap gagal melindungi industri makanan yang melakukan klaim bahwa produk mereka adalah bagian dari makanan 5 a day.

Mungkin maksud dari kritikan tersebut adalah bahwa pada akhirnya banyak produsen makanan yang mengaku bahwa produk mereka merupakan bagian dari 5 a day, padahal belum tentu juga. Hal itu tentu saja untuk menarik perhatian konsumen agar mereka tertarik mengkonsumsi makanan yang mereka produksi. Jika kita amati, banyak produk makanan ringan maupun minuman yang pada bungkusnya tertera label 5 a day. Sebagai konsumen, kembali lagi memang harus jeli dan cerdas pada akhirnya, kita tidak bisa begitu saja menerima....oiya ini bagian dari 5 a day, pasti sehat dan sebagainya dan sebagainya. Istilahnya seperti kecap, semua nomor 1 tidak ada kecap yang nomor 2. 

Nah bagus sekali kan program ini,....Indonesia negeri yang kaya akan sayur dan buah-buahan, semoga rakyatnya bisa memanfaatkan kebaikan buah dan sayur secara maksimal. Buah dan sayuran di negara seperti Inggris ini sangat mahal, contohnya tomat isi 6 harganya 16 ribu, daun bawang seikat mungkin isi 6/7 harganya 7500 he3....itung sendirilah belanja hariannya untuk sayuran. Bersyukurlah mereka yang tinggal di negeri seperti Indonesia, konsumsi sayur dan buah menjadi lebih gampang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar