Senin, 27 Juli 2015

Menu Istimewa di UK: Tempe Mendoan


Akhirnya kami sekeluarga dapat menikmati menu istimewa pada hari itu, apakah menu istimewa yang dimaksud? Yah...tempe goreng tepung alias tempe mendoan hahaha.... Bagi kami yang tinggal di luar negeri, tempe adalah barang istimewa sementara selama tinggal di Indonesia, bagi kami tempe adalah menu jika kepepet. Kepepet saat malas memasak sesuatu, kepepet saat kehabisan lauk, dan kepepet saat tanggal tua, sehingga mampunya ya masak goreng tempe saja sama lauk kecap.
 
Sebaliknya di sini, dengan harga tempe yang mahal, yaitu sekitar £2.25 per batang atau per papan, dan belum tentu setiap bulan ada, itupun harus menunggu dari Belanda atau Manchaster. Jadilah tempe menu yang selalu ditunggu-tunggu. Dan makan tempenya pun harus dengan dihayati setiap gigitan dan kunyahannya, disyukuri setiap kali menelannya, Alhamdulillah...hehehe jadi dramatis gitu ya menikmati tempenya.
 
Beberapa hari lalu saat lebaran, kami mendapat kabar dari salah seorang teman yang kebetulan berjualan makanan Indonesia, jika stok tempe baru saja datang. Kami memutuskan membeli 3 biji untuk disimpan dalam freezer. Nah...kemarin itu, kami memutuskan untuk membuat tempe mendoan, pas dengan cuacanya yang agak mendung-mendung semriwing gitu, padahal UK sedang memasuki musim panas lho.

Hebohnya suasana memasak di dapur

Suami mengambil sebuah tempe dari freezer, memotongnya menjadi 2 bagian, dan memasukkan setengahnya kembali ke dalam freezer. Yah disini kita harus menghemat tempe hahaha.... Setelah tempe kembali ke suhu ruangan, alias tidak beku lagi, baru deh kita oleh menjadi tempe mendoan dengan adonan tepung yang kita bikin sendiri. Biasanya di Indonesia kita menggunakan tepung instan yang biasa kita jumpai di toko-toko, sementara di sini ya kita racik sendiri tepungnya.
 
Anak saya semangat sekali membantu mengaduk-aduk tepungnya dengan air, dia rupanya juga tidak sabar menunggu tempe mendoannya matang. Seleai digoreng semua tempenya, saatnya  kita makan yey.... Jangan lupa pakai cocolan sambal Belacan dari luar negeri pula hasyah... Seorang kawan dari Brunai Darusalam memberi kami oleh-oleh sambal Belacan ini, rasanya enak dan cocok pula dengan lidah Indonesia, dan anak saya suka sekali dengan kombinasi keduanya.
 
Kami menikmati tempe mendoan dengan sambal Belacan di ruang tengah sambil ngobrol kesana-kemari, tanpa menyalakan televisi. Yah di sini kami sama sekali tidak menonton televisi karena nonton televisi di sini harus bayar lisensi jadi yah kamipun beralih menonton tayangan dari Youtube saja menggunakan laptop. Sementara tv nya hanya digunakan untuk melihat film melalui DVD player.
 
Sore yang sangat sempurna, menikmati menu istimewa bersama keluarga. MasyaAllah, nikmat mana lagi yang engkau dustakan.

Sedikit fakta tentang tempe. Sebenarnya sudah ada stall tempe di London, yang berjualan bule juga. Penjualnya ini sangat fasih berbahasa Indonesia dan secara khusus mempelajari cara membuat tempe di Jawa selama 2 tahun. Jika penasaran boleh di search aja di Youtube tentang penjual tempe satu ini. Selamat menikmati tempe mendoan ya...
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar