Senin, 24 November 2014

Berkenalan dengan Buah Khaki atau Persimmon


Alhamdulillah saya menemukan buah kesukaan lagi selama di sini. Sebelumnya saya menemukan paraguayo atau doughnut peach atau saucer peach yang rasanya juga sangat saya suka. Nah yang satu ini saya suka karena rasanya mengingatkan saya dengan rasa buah sawo. Rasanya manis dan buahnya agak sedikit berair.

Buah ini banyak dijual di hampir semua toko seperti Asda, Hutchinson, di Grainger Market, dan toko-toko halal di sekitaran Newcastle. Mungkin di Iceland dan Lidl juga ada, tapi saya belum pernah membeli di sana. Harganya relatif murah, tergantung ukuran buahnya. Di Asda biasanya seharga £0.85 sebungkus isi 4, Di Pasar Grainger isi 4 seharga £1 dengan ukuran yang lebih besar, sementara di toko halal seharga £1.25 dapat serombongan, maksudnya 1 box isinya rame banget, tapi ukurannya agak lebih kecil dibanding di Asda.

Menurut informasi hasil dari saya googling,  buah Khaki ini banyak mengandung vitamin A dan C. Buah ini banyak ditemukan di akhir musim panas atau awal musim dingin. Oleh karena itulah saya baru menemukan buah ini ya akhir-akhir ini saja. Baru merasakannya juga barusan ini saja. Padahal musim dingin tahun lalu saya sudah tinggal di sini, tapi rasanya saya belum pernah melihat buah ini.

Cara mengkonsumsi buah ini simple banget. Bisa dimakan saat masih mengkel, rasanya mirip-mirip buah apel jadinya. Atau jika ingin mendapatkan sensasi rasa sawonya, lebih sabar dikit, tunggu sampai benar-benar matang dan agak melunak, emmm saya lebih suka cara makan yang kedua ini, lebih segar. Karena tidak ada bijinya jadi bisa langsung digigit atau dipotong kecil-kecil. Jika buahnya sudah lunak, ada cara yang lebih praktis, yaitu belah 2 lalu tinggal sendok bagian tengahnya seperti saat kita makan buah bapel. Tahukan bapel? Yang warnanya hijau, di desa saya namanya bapel, sementara suami saya menyebutnya sawo ijo.

Nah bagi pembaca yang menemukan buah ini di pasar atau di toko, jangan takut untuk membeli dan mencobanya, insyaAllah rasanya cocok buat lidah orang Indonesia.Awalnya saya juga sempat ragu untuk membeli buah-buah yang asing,  nah setelah seorang teman merekomendasikan, alhamdulillah saya tidak ragu lagi membeli buah ini banyak-banyak. Selamat mencoba :-)

Sumber:

 
Ayat hari ini:
Surat Al-Kafirun (Orang-orang Kafir) ayat 1-6
  1. Katakanlah (Muhammad), "Wahai orang-orang kafir!
  2. aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah,
  3. dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah,
  4. dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,
  5. dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah.
  6. Untukmu agamamu, dan untukku agamaku."

1 komentar:

  1. Alhamdulillah akhirnya saya bisa menulis komentar, ternyata harus pakai explorer, kalau lewat google chrome gagal terus.

    BalasHapus