Rabu, 26 Februari 2014

Istilah-istilah Toko di UK

devsal.blogspot.com
Contoh kostum yang bisa dibeli di fancy shop


26 Februari 2014

Hari ini temanya tentang jenis-jenis toko atau shop yang ada di UK, mari kita list bersama-sama, dan kira-kira lebih banyak manakah daftar yang saya punya atau punya anda? Yuk mari....

  1. a chemist's : apotik, di Inggris lebih dikenal dengan istilah ini daripada istilah pharmacies
  2. a barber's shop : tempat potong rambut untuk pria
  3. a hairdresser : tempat potong rambut khusus wanita
  4. an art gallery shop : tempat jual benda-benda seni, seperti lukisan dan lainnya
  5. a uniform shop : toko seragam sekolah
  6. a sandwich shop : toko penjual sandwich untuk dikonsumsi di rumah (take away)
  7. a sandwich bar : penjual sandwich untuk dikonsumsi di tempat
  8. a fancy shop : toko penjual baju-baju karakter seperti baju princess, baju superhero, baju hantu. Biasanya menjelang Halloween toko ini dipadati pembeli karena mulai dari sekolah SD, sampai kuliah, bahkan perkantoran biasanya mengadakan acara terkait Helloween.
  9. a wool shop : toko yang menjual benang dan perlengkapan merajut (knitting)
  10. a haberdashery department : toko penjual bahan dan perlengkapan membuat baju. Sepertinya toko ini jarang ditemui saat ini, toko ini lebih popular pada zaman dulu saat banyak orang masih tertarik untuk membuat pakaian mereka sendiri.
  11. a decorator's : toko yang menjual cat, dan perlengkapan dekorasi dinding rumah
  12. an estate agent's : penjual rumah, agen yang menjual properti lah istilahnya. Biasanya modal mereka foto rumah yang akan dijual dan tidak menunjukkan rumahnya langsung karena mereka hanya menyediakan jasa saja dan bukan pemilik rumahnya.
  13. a delicatessen : toko yang menjual aneka keju dengan kualitas bagus, dan makanan unik lainnya. Karena toko ini menjual bahan makanan dengan kualitas bagus, dan dalam wadah yang bagus pula, otomatis harganya pun bagus, alias muahalll.
  14. a bureau de change atau bank : istilah itu berasal dari bahasa Prancis yang artinya tempat penukaran uang, di UK sendiri lebih dikenal dengan istilah bank, sama seperti di Indonesia
  15. a greengrocer's : toko yang menjual aneka sayur dan buah-buahan
  16. a tan shop : menjual aneka perawatan tubuh yang berhubungan dengan tanning atau mencoklatkan warna kulit bagi mereka yang berkulit pucat. Di sini warna kulit coklat lebih disukai daripada warna pucat.
  17. a charity shop : toko yang menjual barang-barang bekas seperti baju, sepatu, buku, boneka, dan lain sebagainya, dengan tujuan untuk mengumpulkan dana dan bertujuan sosial. Misalnya untuk membantu anak-anak penderita kanker dan sebagainya.
  18. a news agent : toko yang menjual koran dan majalah
  19. a florist : toko yang menjual bunga
  20. a garden centre : menjual tanaman dan segala macam perlengkapan berkebun
  21. a butcher : toko yang menjual daging
  22. a stationary : toko yang menjual alat tulis
  23. an antique shop : toko yang menjual aneka barang antik
  24. a garage : kalau di Indonesia lebih dikenal dengan dealer, yang menjual mobil
  25. a book store : toko yang menjual buku-buku fiksi maupun non-fiksi
  26. a cosmetic store : menjual aneka kosmetik
  27. a post office : di sini kantor pos yang menjual perangko dan segala hal yang berkaitan dengan surat-menyurat
  28. a clothes shop : toko pakaian
  29. an accessories shop : toko yang menjual gelang, ikat pinggang, karet rambut, pita, bros dan segala pernak-perniknya
  30. a toys shop : toko yang menjual mainan


Masih banyak lagi saya kira, mungkin ada juga gothic store, saya pernah melihatnya di suatu tempat, tapi saya lupa di mana tepatnya toko itu berada.

Berikut ini ada jenis-jenis toko berdasarkan konsepnya, yaitu:
1. a department store : ditandai dengan gedung atau bangunannya besar, di dalamnya terdiri dari stan-stan kecil di dalamnya, tiap stan menjual jenis barang yang berbeda-beda, misalnya stan baju, stan kosmetik, stan sepatu,dll. Contohnya antara lain debenhams, fenwicks, john lewis,mark and spencer. kalau di Indonesia contohnya matahari, mitra
2. a shopping centre : toko-toko yang letaknya berdekatan satu sama lain sehingga berkesan indoor, pembeli jadi aman dari hujan maupun panas. Contohnya the metro centre, eldon square
3. a chain store : toko yang bangunannya sangat berdekatan dan menyambung satu dengan yang lain seperti rantai ibaratnya.

Frase-frase yang berkaitan dengan kata "shop"
1. to go shopping : misalnya jika seseorang itu ingin membeli barang-barang kebutuhan sekunder seperti baju, CD, hadiah, dan lain-lain.
2. to do shopping / to do shop : jika seseorang ingin belanja kebutuhan sehari-harinya, kebutuhan pokok seperti makanan, gula, tisu, dan sebagainya
3. to shop around : keliling dari satu toko ke toko yang lain untuk mendapatkan penawaran terbaik, mencari perbandingan antara harga atau kualitas suatu barang dari toko yang satu dengan yang lain
4. window shopping : hanya berkeliling dan melihat-lihat tanpa ada tujuan serius untuk membeli

Itulah yang saya pelajari hari ini, semoga bermanfaat bagi pembaca dan paling tidak menjadi pengingat hal-hal apa saja yang telah saya pelajari hari ini agar jika lupa saya bisa kembali mengeceknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar