Jumat, 14 Agustus 2015

Alternatif Kegiatan Selama Liburan Musim Panas


Liburan sekolah musim panas di UK tergolong sangat panjang, yaitu selama 7 minggu. Liburan sama dengan tugas tambahan bagi orang tua hehehe.... Yah, tugas baru untuk membuat aneka kegiatan buat anak-anak mereka agar tidak bosan di rumah. Untungnya di Newcastle ini banyak sekali kegiatan baru yang memang khusus diadakan selama liburan musim panas baik oleh pemerintah, komunitas setempat, atau tempat-tempat wisata yang ada di wilayah Newcastle sendiri. Saking banyaknya kegiatan yang diadakan, jika diikuti semua pasti kewalahan, orang tua pun sampai bingung mengatur jadwal kegiatan anaknya di waktu liburan.
 
Ingin tahu ada kegiatan apa saja selama liburan? Berikut saya coba jelaskan secara detail, sehingga info ini dapat bermanfaat bagi anda para orang tua, khususnya yang tinggal di Newcastle dan sekitarnya untuk mengisi liburan sekolah anak-anak mereka. Sederhana namun tetap seru dan yang terpenting adalah membawa manfaat bagi anak-anak.
 
1. Summer Crush
Summer Crush ini adalah kelas berenang yang diadakan di Elswick Pool khusus untuk anak-anak. Kelas ini menyediakan dari level 1 hingga level 7. Biayanya cukup murah jika dibanding dengan kelas regular, yaitu £16.00 per week nya (5 kali pertemuan), sedangkan kelas regular biayanya £47.00 untuk 10 week (10 x pertemuan). Masuk setiap hari mulai hari Senin hingga hari Jumat. Tiap sesinya kurang lebih selama 45 menit, kecuali hari Rabu dan Jumat hanya 30 menit saja. Setiap anak akan diamati oleh perkembangannya dan di catat oleh pelatih. Hasilnya akan diberikan kepada orang tua tiap hari Jumat, dan pada hari itulah akan keluar hasil apakah anak kita akan lanjut ke level berikutnya atau tinggal di level yang sama.
 
Anak saya mendaftar kelas ini dan langsung masuk ke level 3 karena sebelumnya sudah pernah mengikuti kelas berenang di sekolah seminggu sekali. Hari ini tadi, yang kebetulan hari Jumat, saya menerima hasil perkembangan kemampuan berenang anak saya. Alhamdulillah anak saya harus tetap berada di level 3 hehehe... Saya bersyukur meski banyak temannya sudah naik ke level 4, saya tidak merasa kecewa dan sedih. Selama anak saya masih terus mau belajar berenang dan tidak putus asa untuk terus belajar. Meski saya sedikit khawatir jika dia tahu bahwa nanti dia akan terpisah jadwalnya dengan teman-teman dekatnya selama di level 3. Semoga Allah memudahkan dan menguatkan hatinya, aamiin.
 
2. Summer School
Ini adalah kelas mengaji di masjid Tauhid di Grainger Park Road. Biayanya relatif murah, yaitu £20.00 kurang lebih selama 4 minggu. Jadwal tiap minggunya adalah hari Senin, Selasa, dan Rabu jam 11.00 - 13.00 BST (British Summer Time). Kebetulan masjid ini sangat dekat dengan rumah sehingga kamipun mendaftarkan anak kami ke sekolah ini. Selain mengisi liburan, juga belajar mencintai Al-Quran.
 
3. Summer Class Newcastle Dance Centre
Bagi anak yang suka dengan art performance, menari balet, tap, Bollywood, dan tarian klasik maupun modern lainnya, bisa gabung di kelas ini. Namun biayanya bagi saya relatif mahal, yaitu £60.00 untuk 3 hari, namun kelasnya intensif alias dari pagi hingga sore. Lokasinya juga lumayan dekat dengan rumah, namun anak saya tidak saya daftarkan kelas ini, cukup kelas regulernya saja yang saya anggap lebih murah.
 
Tidak perlu khawatir soal seragam untuk dance, anak baru biasanya diberi keringanan untuk memakai baju apa saja asal nyaman untuk dipakai bergerak. Namun jika ingin bergabung lebih lama, maka disarankan untuk memesan seragam tarinya di resepsionis. Soal harga, kurang lebih sama antara beli di luar ataupun beli di tempat kursus.
 
4. Summer Trips 
Tahun ini sebuah komunitas yang bernama First Step (komunitas penyedia berbagai macam kursus khusus perempuan) mengadakan rekreasi untuk wanita dan anak-anak. Tahun ini adalah rekreasi pertama kali yang diadakan, dan biayanya sangat murah yaitu £5.00 untuk dewasa dan £2.00 untuk anak-anak tiap tripnya. Harga tiket itu sudah termasuk transportasi dan tiket masuk, jadi peserta tinggal bawa bekal makan siang saja. Saking murahnya, tiket sudah full booked tanpa harus menunggu lama, fantastis kan? Untuk ukuran di UK, rekreasi dengan harga segitu sangat murah sekali, jadi pastinya orang-orang tidak mau menyia-nyiakan begitu saja kesempatan berwisata murah meriah ini. Salah satu tujuan wisatanya adalah ke Kielder Water and Forest Park.
 
5. Summer Reading Challenge
Perpustakaan di seluruh UK bekerjasama dengan Guinnes Book Record mencari anak yang mampu mereview buku terbanyak. Pemenangnya tentu saja akan mendapatkan hadiah dan namanya dimasukkan dalam buku pemecah rekor tersebut. Tertarik ingin mengikutkan ananda? Gampang sekali, tinggal daftar saja di perpustakaan lokal yang terdekat dengan rumah, di sana petugas perpustakaannya akan memasukkan identitas anak. Setelah itu, setiap meminjam buku, anak akan diberi semacam stiker yang harus ditempel di template yang juga akan diberikan.
 
Setelah mendaftar dan mendapatkan pernak-pernik stiker, langkah selanjutnya adalah membuka situs http://www.summerreadingchallange.co.uk lalu sign up atau membuat akun. Setelah memiliki akun, peran orang tua membantu anak memasukkan daftar buku-buku yang sudah dibaca dan memberi review di kolom yang sudah disediakan. Jumlah buku yang sudah dibaca anak akan terekam di sana. Gampang bukan? Kegiatan ini sekaligus memacu semangat anak-anak untuk mengunjungi perpustakaan dan berpetualang dengan buku-buku cerita yang belum pernah dibacanya.
 
6. Mengunjungi Taman
Biasanya di taman-taman akan ada kegiatan outdoor untuk keluarga yang diadakan komunitas setempat. Seperti beberapa hari lalu yang terjadi di Nunsmoor Park, di sana terdapat art market dan bouncy castle untuk anak-anak. Dan biasanya kegiatan ini gratis tanpa dipungut biaya, kecuali mereka yang mau berpartisipasi untuk membuka stand. Lantas bagaimana kita tahu adanya kegiatan tersebut? Mudah sekali, caranya dengan mengikuti akun facebook komunitas-komunitas yang ada di Newcastle, atau mengecek jadwal yang ditempel di area taman setempat jika akan ada kegiatan. Jikapun tidak ada kegiatan, tidak rugi juga mengunjungi taman karena di sana terdapat play ground, tempat bermain yang menyenangkan bagi anak-anak terutama saat cuaca cerah. Taman-taman yang ada di area Newcastle yang saya tahu antara lain Nunsmoor Park, Elswick Park, Exhibition Park, Jesmond Dene Park, Canning Park, Townsmoor.
 
7. Mengunjungi Museum
Museum juga tak mau kalah untuk menarik anak-anak agar berkunjung ke sana selama liburan. Museum biasanya menggelar beberapa kegiatan yang menarik seperti craft class, menyajikan koleksi khusus, mendatangkan sirkus, dan lain sebagainya. Tinggal klik saja situs museum-museum itu untuk mengetahui jadwal kegiatan yang mereka adakan, antara lain Discovery Museum, Hancock Museum, Laing Art Gallery, Life Museum, dan lain sebagainya. Beberapa di antaranya tidak perlu membayar tiket masuk, alias gratis.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar