Kamis, 30 Mei 2013

Indonesia


Itu adalah judul buku yang tidak sengaja ditemukan oleh guru kursus di First Step. Jenny, nama guru itu, sangat terkejut saat menemukan buku itu, dan spontan menunjukkan buku itu pada saya dan menawarkan barangkalai saya mau meminjamnya. Saya otomatis menerima tawarannya dengan senang hati, selain merasa senang karena ada buku tentang Indonesia di sini, juga penasaran kira-kira siapa yang menulis dan apa isi tulisannya tentang Indonesia, hal-hal apa saja yang kira-kira menarik bagi penulisnya. Saya bisa melihat perbedaan sudut pandang antara penulis dengan sudut pandang saya sebagai warga negara Indonesia, Yah itung-itung penelitian kecil-kecilan lah....

Buku ini ditulis oleh Fred Martin seorang kelahiran 1948, tidak ada biografi di buku ini yang menuliskan tentang penulis, hanya ada nama itu saja. Buku ini diterbitkan pertama kali di Great Britain oleh Heinemann Library pada tahun 1998. Oleh karena itu isi buku ini kurang lebih menggambarkan situasi Indonesia pada tahun-tahun sebelum itu. Saya tertarik dengan beberapa fakta yang ada di buku ini karena beberapa fakta memang saya baru tahu dari buku ini. Selain itu ada beberapa istilah yang sangat populer di Indonesia dan itu dibahas di buku ini. Penasaran juga...yuk ke paragaraf selanjutnya....semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

1. Spice Island sebutan untuk pulau Sulawesi
Tahun 1942, Christopher Columbus berlayar ke barat untuk menemukan rute menuju ke pulau Sulawesi, namun Columbus tidak pernah sampai kesana. Alih-alih menemukan pula Sulawesi yang dituju, Columbus malah menemukan Amerika. Kenapa Columbus ingin kesana? Karena pada masa itu Sulawesi terkenal dengan aneka rempah-rempahnya (spice) seperti kemiri, cengkeh, dan lain sebagainya.

2. Inggris menjajah?
Ternyata pada tahun 1811-1814 Britain mencoba untuk mengontrol dan mengambil alih Indonesia dari pemerintahan Belanda, kemudian di tahun itu juga Belanda berhasil mengambil kekuasaan kembali atas Indonesia.

3. Populasi dan pertumbuhan penduduk Indonesia
Pada tahun 1997, Indonesia  jumlah penduduk pertama kalinya mencapai 200 juta jiwa. Dan anak yang dilahirkan dan menjadi penduduk urutan yang ke 200 juta adalah bayi laki-laki yang diberi nama Wahyu Aji Nusantara. Yang lebih mencengangkan adalah, pada masa-masa itu angka kelahiran bayi di Indonesia per harinya mencapai 8.778 bayi....Subhanallah angka yang fantastis...bisa bayangin kan gimana repotnya jadi bidan pada zaman itu?

4 Borneo
Di Indonesia disebut dengan pulau Kalimantan, adalah pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland.

5. Hutan hujan
Hutan tropis di dunia, 10% nya berada di Indonesia. Sekitar 60% wilayah Indonesia terdiri dari hutan tropis ini. Tentu saja kondisi itu terjadi saat penulis melakukan penelitian di Indonesia, tapi gimana sekarang, berapa prosentase hutan di Indonesia saat ini ya?

6. Orang Dayak
Orang Dayak hidup secara tradisional, meteka hidup dalam kelompok- kelompok besar, tinggal di sebuah rumah kayu dengan panjang kurang lebih 150 meter dan lebar 6 meter. Kurang lebih 250 orang bisa tinggal bersama dalam satu bangunan.

7. Trasi dan sambal
Penulis nampaknya tertarik dengan 2 bumbu itu, dan menulikan definisinya. Trasi is a spicy paste made from shrimps........One guide book take care to warn tourist about "fiery red and green peppers". A sambal is spicy dip that often served with meals. Mungkin menurutnya 2 hal itu yang harus diwaspadai turis saat berkunjung di Indonesia he3....tapi orang Belanda jaman dulu suka banget sama terasi hi3...

8. Jam Kare
Saya awalnya bingung memahami apa maksud dari frase tersebut, setelah saya baca kelanjutan tulisannya ternyata yang dimaksud adalah jam karet yang dalam bahasa Inggrisnya ditulis dengan istilah "stretching time". Ternyata istilah ini sangat mengena bagi penulisnya sampai ditulis detil di buku ini, atau barangkali kena efeknya juga he3...

9. Badminton
Olah raga digambarkan penulis sebagai olah raga yang paling difavoritkan di Indonesia. Dan disebutkan pula nama Heryanto Arbiis sebagai juara dunia olah raga ini pada tahun 1997.

10. Silat Gerak Pilihan
Adalah bela diri paling terkenal di Indonesia. Penulis menyebutakn bahwa dalam bela diri ini digunakan juga tongkat yang disebut dengan toya, juga golol...wah apa itu golol? Mungkin yang dimaksud penulis adalah golok kali ya....

Itulah beberapa info menarik tentang Indonesia yang ditulis oleh penulis luar. Sedikit merasa sayang juga jika ada beberapa istilah yang kurang tepat, dan kadang ada beberapa informasi yang menurut sudut pandang saya berbeda ya...mungkin karena saya merasa sebagai orang Indonesia jadi merasa lebih tahu.(lho...kok jadi mengkritik???)....tapi saya sangat menghargai penulis yang berupaya merangkum tentang Indonesia beserta kebudayaannya yang beraneka ragam dalam buku setebal 31 halaman. Emm....semakin bangga menjadi warga Indonesia :-)

Oiya ada kejadian lucu saat Jenny menanyakan berapa jumlah penduduk Indonesia. lalu saya jawab "Mungkin kurang lebih 200 juta", sontak Jenny dan seisi kelas hampir bersamaan mengucapkan "wow.....!!". Lalu mereka mengecek di globe,"Wow tempat sekecil ini, penduduknya sebanyak itu?" tanya salah seorang teman dari Aljazair. "Kalian pasti tinggalnya di rumah-rumah bertingkat-tingkat itu ya (semacam rusun maksudnya)?", sahut seorang teman dari Libya....saya hanya tersenyum...bingung mau menjawab yang mana dulu dan bagaimana menjawabnya dalam bahasa Inggris he3....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar